alexa snippet

OJK Dorong Era Jasa Keuangan Digital

OJK Dorong Era Jasa Keuangan Digital
OJK mendorong digital finance atau jasa keuangan digital untuk terus tumbuh dan berkembang di Indonesia sesuai dengan tantangan yang ada. Grafis/ist
A+ A-
JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong digital finance atau jasa keuangan digital untuk terus tumbuh dan berkembang di Indonesia sesuai dengan tantangan yang ada.

Direktur Operasional dan Sistem OJK Fithri Hadi mengatakan, letak geografis Indonesia yang luas tidak bisa dijangkau sepenuhnya oleh industri jasa keuangan. "Perlu saya sosialisasikan jasa keuangan kita paham populasi terbesar di ASEAN di 17 ribu kepulauan tidak mudah kelola segitu besar," ujarnya dalam acara Indofintech yang diselenggarakan KORAN SINDO dan SINDOnews bekerja sama dengan Royal Media dan PWI bertema 'Memantapkan Fintech Ditahun Penuh Tantangan" di Jakarta, Rabu (15/11/2017).

Hadi menjelaskan, sulitnya mengakses seluruh wilayah membuat tingkat inklusi jasa keuangan di Indonesia masih kecil, baru sebesar 40%. "Demikian di jasa keuangan, tantangan susah jangkau pulau akses dan melayani, dari riset kita inklusi keuangan rendah 40%," imbuh dia.

Berdasarkan statistik tersebut menunjukkan bahwa banyak peluang yang bisa diambil. Ini juga menunjukkan bahwa layanan keuangan belum bisa melayani 60%, mereka masih dilayani jasa keuangan informal.

"Peran mereka sangat dibutuhkan karena masyarakat di banyak kepulauan, enggak bisa berhenti aktivitas ekonomi berhubungan dengan uang dan surat berharga. Ini jadi sorotan kita bersama, regulator operator dan pelaku bisnis. Di era yang kita pahami sekarang, era digital tren begitu masif, success story terjadi di China, di balik itu ada konsep ekonomi digital betul-betul baru yang sebelumnya susah dipahami," terang Hadi.
(izz)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top