Tips MotionTrade: Mengenal Lot dalam Investasi Saham

Rabu, 22 November 2023 - 09:39 WIB
loading...
Tips MotionTrade: Mengenal Lot dalam Investasi Saham
Istilah lot merupakan hal yang perlu dipahami oleh investor pemula ketika akan berinvestasi pada instrumen saham. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - MNC Sekuritas merupakan perusahaan efek di bawah naungan MNC Group, yang saat ini mayoritas sahamnya dimiliki oleh PT Motion Digital Technology. Bukan hanya menyediakan layanan investasi saham , MNC Sekuritas juga menyediakan beragam produk reksa dana yang dapat dijadikan sebagai alternatif investor untuk berinvestasi.



Istilah "lot" merupakan hal yang perlu dipahami oleh investor pemula ketika akan berinvestasi pada instrumen saham. Lot saham merupakan satuan resmi yang selalu digunakan dalam proses transaksi saham. Jika seseorang membeli atau menjual sebuah saham, maka hal yang perlu dipastikan adalah menentukan berapa jumlah lot yang ingin dibeli atau dijual.

Acuan transaksi yang dilakukan pada perdagangan saham bukan berdasarkan jumlah lembar saham, namun berdasarkan jumlah satuan lot yang telah diatur dan ditentukan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). BEI telah menetapkan aturan bahwa 1 lot saham senilai dengan 100 lembar saham.



Sebagai contoh, Jika Anda ingin membeli saham di sebuah perusahaan A dengan harga Rp1.500 per lembar saham, maka Anda perlu mengeluarkan dana Rp150.000 untuk mendapatkan 1 lot (100 lembar) saham di perusahaan A.

Harga saham tiap emiten dapat berbeda-beda, sekalipun dalam sektor industri yang sama. 1 lot saham bisa saja terasa besar bagi investor yang ingin berinvestasi di emiten tersebut. Misalnya, harga saham di perusahaan X berada di level Rp34.200 per lembar. Untuk bisa berinvestasi di perusahaan tersebut, maka investor perlu menyiapkan Rp3.420.000 untuk membeli 1 lot saham dari emiten X.

Sebelum memulai berinvestasi pada emiten yang dituju, MotionTrade memiliki 2 (dua) tips yang perlu diketahui investor pemula untuk berinvestasi di 1 lot saham, yaitu:

1. Mengetahui Harga Lot dari Emiten yang Diincar

Perlu Anda ketahui bahwa semakin bagus kredibilitas emiten, maka harga saham per lot nya cukup besar. Saham ini dikenal dengan kategori saham blue chip, yang bisa menjadi pilihan bagi investor pemula. Untuk itu Anda perlu mengetahui besaran harga sebelum memulai berinvestasi.

2. Mulai dari Harga yang Terjangkau

Apabila harga saham kategori blue chip terasa mahal, sebagai investor pemula, Anda dapat memulai investasi pada emiten second-liner dengan harga yang terjangkau. Namun, jangan lupa untuk mempertimbangkan prospek dari emiten tersebut dengan mempelajari teknik fundamental maupun teknikal.

Setelah Anda mengetahui pengertian lot saham dan menghitung anggaran investasi yang Anda miliki, Anda dapat bertransaksi saham secara online kapanpun dan dimanapun melalui aplikasi online trading milik MNC Sekuritas yaitu MotionTrade.

Nikmati layanan investasi saham dan juga reksa dana dari #MNCSekuritas dengan mengunduh aplikasi MotionTrade dan jelajahi seamless experience. Aplikasi MotionTrade dapat diunduh di Google PlayStore dan Apple AppStore dengan link unduh onelink.to/motiontrade .

MNC Sekuritas, Invest with The Best!
#MNCSekuritas #MotionTrade #MotionTradeDuluAja #GampangBeliSaham #InvestasiReksaDana #InvestasiSaham #YukInvestasiYuk #lotsaham
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1829 seconds (0.1#10.140)