Inovasi KYC Dinilai Bisa Ciptakan Efisiensi Perbankan

Sabtu, 25 November 2023 - 08:39 WIB
loading...
Inovasi KYC Dinilai Bisa Ciptakan Efisiensi Perbankan
Inovasi teknologi semakin dibutuhkan perbankan. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - BCA SYNRGY Accelerator 2023, salah satu program CSR Bank Central Asia (BCA), telah menjadi ajang yang berkembang pesat bagi startup Indonesia untuk membentuk kolaborasi dengan perusahaan, mendorong transformasi digital ekonomi Indonesia. Di ajang ini D3 Labs memperkenalkan Seaseed, sebuah infrastruktur inti perbankan dengan teknologi ledger terdistribusi (DLT).



Seaseed telah bermitra dengan salah satu bank digital di Indonesia dan siap untuk membuka era sistem digital 3.0. Sistem terdesentralisasi dan interoperabel ini mampu memberdayakan berbagai aktivitas keuangan, termasuk meningkatkan prosedur pengenalan nasabah atau know your customer (KYC).

"SeaSeed, solusi inovatif kami, dirancang untuk merevolusi operasi keuangan, menjadikannya lebih efisien, transparan, dan saling terhubung. Sebagai bank swasta terbesar di Indonesia, kemitraan kami dengan BCA SYNRGY menandakan komitmen kami untuk mendorong perubahan positif tidak hanya secara lokal, tetapi juga dalam skala global," kata Chung Ying Lai (CY), Co-CEO D3 Labs, dikutip Sabtu (25/11/2023).

D3 Labs menekankan peran penting KYC sebagai gerbang ke sektor perbankan dan SeaSeed diklaim bisa menyederhanakan dan mengoptimalkan proses KYC, menghasilkan potensi penghematan biaya dan meningkatkan keamanan data. KYC terkenal karena kompleksitas dan biaya tingginya, dengan bank-bank menghabiskan rata-rata USD60 juta setiap tahun untuk proses ini. Pendekatan inovatif Seaseed bertujuan untuk mengatasi tantangan ini dan mengurangi gesekan bagi bisnis dan pelanggan.

Inovasi KYC Dinilai Bisa Ciptakan Efisiensi Perbankan


D3 Labs melihat Seaseed sebagai pendorong perubahan transformatif di sektor perbankan. Melalui KYC, Seaseed bertujuan untuk mengatasi kompleksitas transaksi lintas batas, menjanjikan lanskap perbankan global yang lebih efisien.

Vice President Digital Innovation Solutions BCA, Samuel Tjung menyampaikan komitmen pihaknya untuk menghadirkan inovasi layanan dan produk solusi keuangan secara berkesinambungan demi meningkatkan daya saing di tengah persaingan perbankan yang semakin kompetitif.

“BCA dengan bangga mendukung pertumbuhan startup di Indonesia, salah satunya melalui SYNRGY Accelerator, sebagai salah satu bentuk komitmen kami untuk mendorong inovasi dan kontribusi positif terhadap ekosistem bisnis di negeri ini,” jelas Samuel.



Beliau yakin bahwa melalui dukungan berkelanjutan, masa depan yang penuh potensi dan kemajuan pun dapat terbentuk. “Bersama startup Indonesia salah satunya D3 Labs, BCA senantiasa berada di garis depan untuk merangkul transformasi dan mempercepat pertumbuhan ekonomi digital di tanah air,” tandas Samuel.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1117 seconds (0.1#10.140)