Utang Perang Israel Bakal Meledak, Begini Kondisinya Saat Ini

Senin, 27 November 2023 - 14:28 WIB
loading...
A A A
Dalam perjalannnya, bank sentral telah menaikkan suku bunga 10 kali berturut-turut dari 0,1% pada April 2022 sebelum berhenti pada Juli dan lagi pada Agustus dan Oktober.

"Ketika perang sedang berlangsung, mereka tidak akan menurunkan suku bunga karena mereka akan takut akan tekanan inflasi yang dapat didorong oleh perang," kata Ori Greenfeld, kepala ekonom di broker Psagot.

"Jadi mereka akan mempertahankannya di 4,75% dan akan memutuskan hanya setelah perang ke mana arah suku bunga," bebernya.

Pertemuan kebijakan berikutnya ditetapkan pada 1 Januari 2024 dan para ekonom percaya bahwa jika inflasi - sekarang di level 3,7% per tahun - menunjukkan tanda-tanda mereda, suku bunga dapat mulai menurun pada saat itu, meskipun banyak yang masih tergantung pada dampak perang.

Sementara pertumbuhan akan melambat karena suasana nasional yang suram dan ratusan ribu orang Israel dipanggil untuk tugas cadangan militer, ada kekurangan pekerja asing yang parah – Palestina dan Thailand – di sektor konstruksi dan pertanian, dan ini dapat membatasi pasokan dan menyebabkan lonjakan harga ketika permintaan kembali, kata para ekonom.

Ketika perang dimulai, shekel yang sudah babak belur telah melemah 6% lagi pada tahun 2023 dan meningkatkan kekhawatiran bank sentral bahwa inflasi bakal melonjak lebih tinggi. Gubernur Amir Yaron menyarankan bahwa bank kemungkinan akan menunda penurunan suku bunga selama perang untuk menjaga stabilitas pasar, meskipun ada pukulan terhadap pertumbuhan ekonomi.

Dia mengatakan langkah-langkah yang diambil oleh bank sentral seperti pelonggaran moneter, dan bekerja dengan pemberi pinjaman untuk memungkinkan mereka yang terkena dampak konflik untuk menunda atau membekukan pembayaran pinjaman.

Sejauh ini pada bulan November, shekel telah berbalik arah – dibantu oleh penurunan dolar – dan telah naik 8% versus greenback ke tingkat yang lebih baik sebelum perang.

Dengan demikian, ekonom Morgan Stanley Georgi Deyanov memberikan peluang 40% untuk penurunan suku bunga 25-50 basis poin minggu depan. Akan tetapi Ia menyakini bank sentral "akan tetap berhati-hati dalam mempertimbangkan ketidakpastian yang sedang berlangsung tentang jalur konflik di masa depan, meskipun ada prospek gencatan senjata sementara".

Yaron, yang dijadwalkan untuk memberikan konferensi pers pada hari Senin, minggu ini telah menerima masa jabatan lima tahun kedua yang menghilangkan unsur ketidakpastian pasar tahun ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1653 seconds (0.1#10.140)