Ini Tiga Langkah Strategis Kemenparekraf Pulihkan Perekonomian Nasional

Jum'at, 07 Agustus 2020 - 16:22 WIB
loading...
Ini Tiga Langkah Strategis Kemenparekraf Pulihkan Perekonomian Nasional
Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo. Foto/Dok SINDOphoto/Eko Purwanto
A A A
JAKARTA - Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) menjadi salah satu jenis usaha yang terkena dampak akibat pandemi virus corona atau Covid-19 yang melanda Indonesia. Oleh sebab itu diperlukan peran serta pemerintah dalam memulihkan bisnis tersebut.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo menyatakan pihaknya telah melakukan upaya agar sektor usaha pariwisata dan ekonomi kreatif kembali bangkit.

Diantaranya ada tiga langkah strategis yang akan dilaksanakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). "Dalam lingkup Kemenparekraf ada 3 hal strategi yang dibicarakan," kata Angela dalam diskusi virtual, Jumat (7/8/2020). (Baca juga: Wamen Angela Semangati UMKM Wanita Agar Tetap Produktif di Tengah Pandemi )

Dia menjelaskan, strategi yang akan selalu diutamakan adalah mengatasi krisis dalam perekonomian dengan senantiasa memperhatikan keselamatan pelaku usaha dan masyarakat. Sehingga nantinya geliat perekonomian bisa kembali tumbuh seperti dahulu. "Pertama, pengelolaan krisis yang mengutamakan keselamatan pelaku usaha parekraf, pekerja parekraf dan masyarakat," ujarnya.

Dia menambahkan, percepatan dan stimulus yang diberikan kepada para pelaku usaha adalah bagian dari strategi Kemenparekraf. "Kedua, percepatan dan stimulus untuk pemulihan sektor parekraf dalam memasuki adaptasi kebiasaan baru yang dilakukan pelaku usaha parekraf serta peningkatan SDM, kepercayaan terhadap produk pasar parekraf," katanya. (Baca juga: Perkuat AKHLAK, Majukan BUMN )

Terakhir, langkah yang harus dijalankan oleh segenap pebisnis di sektor parekraf agar tetap eksis adalah mengubah strategi dari pemasaran analog ke digital. "Ketiga, peningkatan pasca Covid-19 dengan meningkatkan sektor industri, ekosistem digitalisasi sekto parekraf yang berkelanjutan," tuturnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1023 seconds (0.1#10.140)