OJK Ungkap Ada Bank Konvensional yang Kinerjanya Turun Pasca-Konversi ke Syariah

Senin, 27 November 2023 - 19:35 WIB
loading...
OJK Ungkap Ada Bank Konvensional yang Kinerjanya Turun Pasca-Konversi ke Syariah
Ada bank yang kinerjanya turun usai berubah menjadi bank syariah. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan ( OJK ) Mahendra Siregar mengungkap ada satu bank yang kinerjanya mengalami penurunan usai melakukan konversi ke bank syariah pada awal 2023. Akan tetapi Mahendra tidak menyebutkan nama bank tersebut.



"Kami melihat adanya konversi 1 bank dari konvensional menjadi bank syariah namun yang terjadi setelah dikonversi, pertumbuhan kredit dan DPK (dana pihak ketiga) bank tersebut malah turun dibandingkan sebelumnya," kata Mahendra dalam acara Peluncuran Roadmap Pengembangan dan Penguatan Perbankan Syariah (RP3SI) 2023-2027 secara virtual, Senin (27/11/2023).

Mahendra mengatakan, penyebab penurunan kinerja tersebut lantaran lebih banyak dilandaskan pada aspek formalitas dalam melakukan konversi. Padahal kata Mahendra, perlu berbagai aspek yang harus disiapkan untuk melakukan konversi dari bank konvensional menjadi bank syariah.

"Dalam bentuk pemanfaatan kesiapan dan kesungguhan dari seluruh sistem yang ada, baik SDM, manajemen, maupun IT-nya ternyata belum betul-betul siap," katanya.

Mahendra menegaskan dalam melakukan konversi yang perlu diperhatikan adalah fokus terhadap pembangunan yang berbasis kaidah maupun seluruh jajaran stakeholder yang ada di dalamnya.



Oleh karena itu, pihaknya kini telah meluncurkan peta jalan perbankan syariah pada periode 2023 hingga 2027. Harapannya, kejadian seperti ini tidak dapat terulang lagi.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1372 seconds (0.1#10.140)