Adira Insurance Fokus Garap Asuransi Marine Cargo

Jum'at, 01 Desember 2017 - 18:31 WIB
Adira Insurance Fokus Garap Asuransi Marine Cargo
Adira Insurance Fokus Garap Asuransi Marine Cargo
A A A
JAKARTA - Adira Insurance, pada tahun ini fokus terhadap pengembangan asuransi pengangkutan muatan laut atau asuransi Marine Cargo. Perseroan akan memberikan perlindungan bagi pelanggan terhadap resiko yang mungkin terjadi saat proses pengiriman barang, melalui jalur darat, laut dan udara.

Department Head Cargo Business Adira Insurance Ali Andre mengatakan, jika dilihat kinerja year on year, perolehan premi asuransi marine cargo mengalami peningkatan sebesar 40%. “Kontribusi premi asuransi marine cargo akan terus ditingkatkan agar dapat memberikan perlindungan lebih kepada para pelanggan,” ujar Ali di Jakarta, Jumat (1/12/2017).

Dengan meningkatnya bisnis asuransi marine cargo, Adira Insurance membuktikan komitmennya dalam mengelola klaim dengan baik. Salah satunya, baru-baru ini perseroan telah membayarkan klaim senilai Rp 10,15 miliar kepada PT Eka Dharma Jaya Sakti. “Kami berusaha untuk mengelola klaim dengan baik dimana kami selalu menyesuaikan variasi barang yang diangkut dengan jaminan perlindungan yang diberikan,” sambungnya.

Saat ini, lanjutnya, bisnis jasa pengangkutan barang mengalami pertumbuhan yang cukup menjanjikan. Dengan bertumbuhnya bisnis pengangkutan barang, memungkinkan bertumbuhnya resiko ataupun kerugian yang tak terduga terhadap proses pengangkutan barang. Resiko tersebut dapat diminimalisir dengan adanya jaminan dalam proses pengangkutan barang. "Sehingga (marine cargo) menjadi jawaban atas hal ini," imbuh dia.

Perseroan pun optimistis lini bisnis ini terus mencatatkan pertumbuhan di akhir tahun. Berdasarkan data Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), asuransi marine cargo berhasil mencatatkan kenaikan jumlah premi selama semester pertama yakni sebesar 4,3% atau menjadi Rp 1,64 triliun.

Pertumbuhan premi di lini usaha ini diantaranya tak lepas dari perkembangan bisnis ekspor yang masih terjadi. Meski kondisi ekonomi global masih memiliki tantangan. "Tahun ini memang penuh dengan tantangan, namun berbagai upaya akan ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan," katanya.

Akuisisi bisnis dari agent, broker, banking dan corporate yang selama ini menjadi mitra Adira Insurance, telah perseroan lakukan. Selain itu, perseroan juga berencana melebarkan sayap bisnis melalui industri infrastruktur dan tambang. Kedepan, sambung Ali, Adira Insurance selalu berusaha untuk memberikan berbagai perlindungan barang cargo terhadap risiko atau kerugian sejak proses pengiriman barang sampai dengan tiba di tempat tujuan.

Perlindungan mencakup berbagai hal seperti perlindungan terhadap barang cargo jika terjadi kebakaran atau peledakan; kapal atau alat angkut kandas, terdampar, tenggelam atau terbalik; alat angkut darat terbalik atau tergelincir; kapal atau alat angkut bertabrakan; pembongkaran cargo di pelabuhan darurat; pengorbanan kerugian umum; dan pembuangan cargo ke laut.

Perlindungan juga dapat diperluas dengan memberikan jaminan terhadap kerugian atau risiko yang disebabkan oleh gempa bumi, letusan gunung berapi, dan sambaran petir; terhempasnya cargo karena badai; masuknya air laut atau danau, sungai ke dalam palka, peti kemas, dan liftvan; serta berbagai perlindungan lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan Pelanggan.

"Untuk memperoleh perlindungan asuransi marine cargo dari Adira Insurance, pelanggan dapat melakukan pembayaran one trip dimana pelanggan membayar premi asuransi setiap kali barangnya dikirim melalui fasilitas cargo yang diangkut oleh moda transportasi yang dipilih," paparnya.

Selain itu, pelanggan juga dapat membayar premi asuransi marine cargo secara open cover dimana pelanggan dapat membayar premi per tahun dengan spesifikasi perlindungan dan intensitas pengangkutan cargo yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5014 seconds (0.1#10.140)