Harga Minyak Dunia Bergerak Stabil di Tengah Ketidakpastian

Senin, 18 Desember 2017 - 09:08 WIB
Harga Minyak Dunia Bergerak Stabil di Tengah Ketidakpastian
Harga Minyak Dunia Bergerak Stabil di Tengah Ketidakpastian
A A A
SINGAPURA - Harga minyak dunia mengawali pekan ini lewat pergerakan yang cenderung stabil, setelah akhir pekan kemarin minimnya sentimen memberikan tekanan cukup besar. Hasil minyak mentah bergerak naik turun untuk kemudian di awal pekan kembali stabil.

Seperti dilansir Reuters, Senin (18/12/2017) harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) yakni sebesar USD57,33 barel pada pukul 01.05 GMT, dengan tambahan 3 sen dari sesi terakhir. Sedangkan harga minyak mentah Brent yang menjadi patokan internasional berada pada posisi USD63,24 per barel atau hampir tidak berubah dari sebelumnya.

Para pelaku pasar mengatakan pergerakan harga minyak dunia yang cenderung mixed, diakibatkan karena maraknya ketidakpastian. "Investor mengeluhkan ketidakpastian yang telah dipicu oleh serangkaian isu-isu yang bertentangan," ujar ANZ Bank.

Salah satunya yakni penutupan berkelanjutan dari sistem pipa North Sea Forties, yang memasok minyak mentah yang kereap menjadi pendorong utama harga patokan Brent. Di Amerika Serikat, perusahaan energi mengurangi pengeboran hingga mempengaruhi produksi untuk pertama kalinya dalam enam pekan.

Meskipun ada gangguan sedikit dalam pengeboran, namun aktivitas masih jauh di atas tahun lalu ketika rig dihitung masih di bawah 500. Produksi US aktual C-OUT-T-EIA telah bertambah 16% sejak pertengahan 2016 mencapai 9,8 juta barel per hari (bpd).

Kondisi tersebut membuat produksi AS mendekati produsen minyak papan atas lainnya seperti Rusia dan Arab Saudi, yang saat ini memompa sekitar 11 dan 10 juta bpd untuk masing-masing. Peningkatan aktivitas pengeboran Negeri Paman Sam -julukan AS- terus membayangi upaya Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak Dunia (OPEC) yang dipimpin Arab Saudi memangkas pasokan.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4242 seconds (0.1#10.140)