Kampanye Gemarikan Bisa Tingkatkan Bisnis Sektor Perikanan

Kamis, 07 Desember 2023 - 21:06 WIB
loading...
Kampanye Gemarikan Bisa Tingkatkan Bisnis Sektor Perikanan
Ki-Kanan: Rudolf Hoeffelman (Presdir Regal Springs Indonesia), Emy Khonifah (KKP), Ratna Yudythia (Head of Sales & Marketing Regal Springs Indonesia) dan Dr-Ing Dase Hunaefi, STP Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Memperingati Hari Ikan Nasional (Harkannas) 2023 , Regal Springs Indonesia (PT Aqua Farm Nusantara) berkolaborasi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan ( KKP ) mengampanyekan pentingnya menjamin ketersediaan pangan yang aman, bergizi serta produksi pangan yang bertanggung jawab dan berkelanjutan.



Emy Khonifah, Ketua Tim Kerja Promosi Dalam Negeri Direktorat Pemasaran Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan & Perikanan KKP menyatakan bahwa dalam RPJMN 2020 -2024, ikan dinyatakan sebagai salah satu sumber pangan domestik yang ketersediaanya menjadi salah satu indikator keberhasilan dalam mencapai keamanan pangan dan gizi.

“Produk perikanan yang berkelanjutan sangat penting bagi ketahanan pangan global di masa depan sekaligus menjawab kebutuhan nutrisi masyarakat. Saat ini KKP terus mengampanyekan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) yang melibatkan seluruh komponen masyarakat, pemerintah hingga perusahaan untuk mendukung ketahanan pangan dan gizi nasional melalui konsumsi ikan dalam upaya penurunan prevalensi stunting,” kata Emy, dikutip Kamis (7/12/2023).

Pendekatan program Gemarikan sendiri dilakukan melalui penguatan pasokan ikan, penguatan demand, pengembangan inovasi, serta penguatan kerja sama dan sinergi program.

Selain sektor kesehatan, KKP juga menggarisbawahi bahwa ikan berpengaruh kepada peningkatkan daya saing produk kelautan dan perikanan di Indonesia. Salah satu yang menjadi komoditi andalan bagi Indonesia adalah ikan tilapia, yang masuk dalam jajaran lima komoditas andalan ekspor Indonesia.

Potensi ekonomi ikan tilapia sebagai salah satu komoditas ekspor utama, untuk peningkatan ekonomi nasional menjadi langkah menjanjikan untuk terus dibudidayakan dan kembangkan. Selain menjadi kebutuhan masyarakat lokal, permintaan produk tilapia di pasar global pun terus meningkat.

Ikan tilapia yang rendah kalori dan juga bebas lemak jenuh yang berbahaya, menjadikannya makanan ideal bagi mereka yang sedang melakukan diet.

Regal Springs Indonesia, sebagai salah satu pelaku usaha bidang akuakultur turut berkontribusi dengan melakukan pengembangan pembudidayaan ikan tilapia secara terpadu dan berkelanjutan.

“Ikan Tilapia saat ini menjadi salah satu dari lima komoditas ekspor utama di sektor perikanan yang terus meningkat di Indonesia. Untuk memenuhi permintaan serta standar pasar internasional itulah kami berkomitmen untuk memastikan produk ikan tilapia kami dibudidayakan dan diproduksi selaras dengan prinsip cara budidaya ikan yang baik,” jelas Rudolf Hoeffelman, President Director Regal Springs Indonesia.



Keunggulan ikan tilapia yang diproduksi oleh Regal Springs Indonesia memiliki kandungan protein yang tinggi, vitamin D, lemak rendah, bebas antibiotik dan bahan kimia, tidak bau tanah. Selain itu memenuhi standar sertifikasi nasional dan internasional, memiliki rasa segar dan alami, memiliki tekstur yang lembut, kandungan protection glazing 6-8 persen, daging yang berwarna putih, serta dibudidayakan di danau air tawar yang terjaga ekosistemnya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1937 seconds (0.1#10.140)