alexametrics

Industri Kopi Tanah Air Butuh SDM Berdaya Saing

loading...
Industri Kopi Tanah Air Butuh SDM Berdaya Saing
Industri kopi nasional butuh SDM handal agar lebih berdaya saing. Foto: Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Indonesia membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang handal dan berdaya saing untuk mendorong industri kopi di Tanah Air sehingga bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Pemilik sebuah akademi kopi berlabel First Crack Coffee Academy, Evani Jesslyn mengatakan secara potensi, kopi lokal sangat menjanjikan. Sedangkan secara pasar, Indonesia mempunyai jumlah penduduk yang besar dan tidak dimiliki negara lain.

"Jadi sayang sekali kalau potensi ini tidak garap apalagi sampai kopi lokal diklaim pihak asing," kata Evani di Jakarta, Minggu (14/1/2018).

Selain itu, lanjut dia, ‎industri kopi di dalam negeri juga terus mengalami pertumbuhan. Hal ini ditandai dengan makin menjamurnya gerai kopi. Meski demikian, industri kopi dalam negeri bukan tidak memiliki tantangan. Sebab industri kopi lokal harus bersaing dan berebut pasar dengan merek-merek kedai kopi asing.

Oleh sebab itu, menurut Evani, ‎edukasi di industri kopi sangat penting, terutama dalam hal pengemasan, marketing, dan branding secara tepat. Jika hal ini bisa terpenuhi, kopi nusantara bukan hanya bisa menguasai pasar di dalam negeri, tetapi juga berjaya di pasar internasional.

"Edukasi ini sangat mendasar dan fundamental. Percuma jika berbicara soal kopi tanpa disertai rasa memiliki dan pengetahuan secara konprehensif atas kopi," tutupnya
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak