Punya Cita Rasa Tinggi, Kopi Indonesia Layak Dijual Mahal

loading...
Punya Cita Rasa Tinggi, Kopi Indonesia Layak Dijual Mahal
Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Kopi Indonesia memiliki cita rasa yang khas sehingga banyak diminati pecinta kopi. Namun, seringkali kopi Indonesia dianggap mahal dibandingkan kopi lainnya.

Menurut Ketua Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) Syafrudin, faktor mahal akan dikalahkan oleh cita rasa yang betul-betul sempurna dari kopi Indonesia. Selain itu, di dalam kopi Indonesia terkandung nilai kerja dari petani kopi.

(Baca juga: Ekspor Kopi Indonesia Turun Gegara Milenial Makin Doyan Ngopi?)

"Ini yang tidak dipunyai kopi luar negeri. Jadi kita beli kopi yang sedikit lebih mahal karena punya itikad untuk mendukung petani kopi Indonesia," ujarnya pada acara dialog kopi "Kulak Kulik Nikmatnya Bisnis Kopi" secara virtual, Sabtu (21/11/2020).



Dia menuturkan, kopi terbaik yang dihasilkan petani sebanding dengan proses panjang yang dilaluinya. Mulai dari proses menanam hingga pengolahan kopi. "Dengan membayar sedikit mahal maka secara tidak langsung kita mendukung petani Indonesia," imbuhnya.

(Baca juga: Pasar Domestik Jadi Penguat Ketahanan Pangan)

Syafrudin melanjutkan, SCAI bersama pemangku kepentingan terkait juga melakukan pembinaan terhadap petani kopi dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas kopi Indonesia. "Kami juga bersama BI melakukan pembinaan petani kopi dan memberikan akses pasar untuk ekspor," tandasnya.
(ind)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top