TikTok Shop Buka Lagi Hari Ini, 90% Lebih Pedagangnya Pelaku UMKM

Selasa, 12 Desember 2023 - 09:52 WIB
loading...
TikTok Shop Buka Lagi Hari Ini, 90% Lebih Pedagangnya Pelaku UMKM
TikTok shop hadir lagi per hari ini bertepatan dengan Hari Belanja online Nasional atau Harbolnas 12.12 dengan lebih dari 90% merchant diklaim merupakan pelaku UMKM. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk ( GOTO ) dan TikTok resmi bekerja sama dan berkolaborasi dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi digital Indonesia dengan fokus pada pemberdayaan serta perluasan pasar bagi pelaku UMKM nasional.



Dengan penggabungan kedua bisnis tersebut, TikTok, Tokopedia, dan Grup GoTo berkomitmen memberikan manfaat lebih luas bagi para pelaku UMKM di Indonesia dengan memanfaatkan platform e-commerce, dan mendorong penciptaan jutaan lapangan kerja baru dalam lima tahun mendatang.

"Dengan penggabungan kedua bisnis tersebut, lebih dari 90% merchant merupakan pelaku UMKM," tulis TikTok dalam keterangan resminya, dikutip Selasa (12/12/2023).



Para pelaku UMKM tersebut juga akan mendapatkan dukungan melalui berbagai program dari TikTok, Tokopedia dan Grup GoTo di antaranya, pertama, promosi produk-produk Indonesia pada platform Tokopedia dan TikTok.

Kedua, huluisasi UMKM atau mendorong peningkatan kapasitas dan kompetensi pelaku UMKM Indonesia melalui program komprehensif yang mendorong pengembangan keahlian dan akses sumberdaya mulai dari hulu (tahap produksi) sampai ke hilir (penjualan).

Adapun yang ketiga memberikan dukungan pemasaran, branding dan praktik bisnis berkelanjutan bagi pedagang. Kemudian keempat, mendukung pelaku usaha lokal untuk mempromosikan produknya di pasar internasional.

Selanjutnya yang kelima, membuka pusat pengembangan talenta digital di berbagai tempat di Indonesia dan yang terakhir memastikan lokapasar yang memungkinkan persaingan secara wajar.

Untuk memulai inisaitif tersebut, TikTok dan Tokopedia akan menggelar kampanye Beli Lokal yang akan mempromosikan berbagai jenis merchant, dengan fokus utama pada produk asal Indonesia yang digelar bertepatan dengan Hari Belanja online Nasional (Harbolnas).

"Program Beli Lokal di aplikasi TikTok, akan memungkinkan para pengguna TikTok berbelanja dan berinteraksi dengan produk lokal favorit mereka," jelas TikTok.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2027 seconds (0.1#10.140)