Pentingnya Penyokong, Kemenperin Buka Akses Pendanaan Puluhan Startup

Rabu, 13 Desember 2023 - 11:05 WIB
loading...
A A A
Starfindo sendiri merupakan asosiasi startup yang tergabung dalam program Startup4industry dan berperan sebagai pendamping teknis bagi startup yang akan melakukan fundraising.

COO UMG Idealab, Linawati menjelaskan, bahwa pentingnya berkolaborasi dengan Startup4industry yang memiliki ribuan startup dengan skala kecil hingga industrial.

“Idealab berfokus pada tiga hal krusial yaitu solusi untuk mengatasi perubahan iklim, kesenjangan pendapatan dan membantu UMKM bersaing secara global. Hal inilah yang menjadi dasar sinergi dari UMG Idealab dengan Startup4idustry," terangnya.

Selain itu, dalam Startup4industry Investment Summit juga turut dilaksanakan penandatanganan nota kesepahaman Starfindo dengan Legalku, startup di bidang hukum. Dalam lingkup kerjasama ini, startup akan mendapat pendampingan dari sisi legal dalam proses fundraising.

“Starfindo selaku asosiasi di bawah program Startup4Industry menjadi sebuah jejaring kuat antar startup untuk saling berbagi sumber daya. Startup yang lebih berpengalaman dapat membantu yang masih di tahap early stage”, kata Lukas Dedy, Ketua Umum Starfindo.

Selain akses pendanaan, Startup4industry juga turut memberikan akses kemudahan bahan baku bagi startup yang bergerak di bidang Internet of Things melalui perjanjian kerjasama dengan PT. Advantech International dan PT. Eforel Cipta Utama.

Irwantoro, Industrial IoT Sector Head PT. Advantech International, mengungkapkan antusias untuk berkolaborasi dengan Kementerian Perindustrian dalam mendukung perkembangan ekosistem startup industri di Indonesia.

"Melalui edukasi, dan penyebaran informasi mengenai IoT, kami berharap dapat berkontribusi positif terhadap pertumbuhan dan inovasi dalam industri nasional," tutupnya.
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1843 seconds (0.1#10.140)