Pos Indonesia Terus Berinovasi

Kamis, 25 Januari 2018 - 00:00 WIB
Pos Indonesia Terus Berinovasi
Pos Indonesia Terus Berinovasi
A A A
SEBUAH perusahaan atau institusi bisnis apa pun bila tak ingin tergerus perubahan zaman yang makin pesat, harus terus menerus berinovasi dengan menciptakan terobosan baru. Kemajuan teknologi informasi digital yang begitu cepat belakangan ini telah mengubah perilaku konsumen. Artinya inovasi yang dilakukan harus mengikuti perkembangan zaman yang begitu cepat berkat teknologi digital.

Bentuk inovasi yang diberikan kepada pelanggan harus mampu memenuhi kebutuhan yang diperlukan di era digital yang serba menuntut serba cepat ini. Inilah yang disadari betul oleh PT Pos Indonesia.

Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero), Gilarsi W Setijono menyadari bahwa perubahan landscape bisnis dan disrupsi digital menjadi pendorong utama bagi Pos Indonesia agar tetap relevan dalam persaingan bisnis kurir dan finansial. Dengan optimis, Pos Indonesia bertekad untuk terus memberikan pelayanan yang optimal bagi pelanggan.

Dengan semakin ketatnya persaingan di antara para penyedia jasa kurir, Pos Indonesia memperluas ranah tersebut dengan terus melakukan inovasi serta kenyamanan yang akan diterima oleh pelanggan. Salah satu inovasi yang diberikan ialah Cash On Delivery (COD), yang diluncurkan sejak September 2017.

Bagi pelanggan yang berbelanja online, Pos Indonesia bekerja sama dengan Lazada untuk meng-coverage area Jakarta dan Bandung dengan menyediakan layanan COD ini. Selain dengan Lazada, untuk layanan Cash On Delivery ini Pos Indonesia juga bekerja sama dengan PT Bali Sukses Jaya (BSJ) dan PT DKI.

Varian lain dari COD yang dikembangkan Pos Indonesia adalah COD Restan yang memungkinkan pelanggan yang berbelanja online melakukan transaksi pembayaran di kantor pos setelah barang sampai. Layanan COD Restan yang berlaku saat ini sementara untuk kiriman Bali Sukses Jaya (BSJ).

Selain itu, kemajuan teknologi makin memudahkan pelanggan dalam mengakses layanan Pos di internet. Kini Pos Indonesia menghadirkan Pos Order Number (PON) yang merupakan sistem pemesanan nomor resi pengiriman (ticketing system) secara online melalui situs www.posindonesia.co.id .

Para pelanggan tidak perlu khawatir dengan keterbatasan waktu untuk mengecek nomor resi, juga keakuratan informasi tentang kiriman barang. Kini Pos Indonesia berinovasi dengan menghadirkan SMS Notifikasi. SMS Notifikasi ini satu bentuk engagement pelanggan dengan perusahaan. Dengan fitur ini, pelanggan Pos Express dan Pos Kilat Khusus mendapatkan informasi status kirimannya melalui short message service (SMS).

Pos Indonesia juga akan mengembangkan fitur ini dengan membuat format notifikasi yang lebih up to date dengan dukungan operasional yang lebih baik. Tahun ini, Pos Indonesia semakin memperkuat posisi daya saingnya dengan menghadirkan kemudahan bagi para pelanggan dalam mengemas barang kiriman mereka.

Di Kantor Pos disediakan sebuah tempat di ruang tunggu (packing corner) yang dapat membantu pelanggan melakukan pengemasan kiriman sebelum melakukan transaksi di loket.

Berbagai kenyamanan pun ditawarkan, didukung pula dengan tarif layanan jasa kurir yang dinamis agar kompetitif dan memberikan benefit sebesar-besarnya bagi pelanggan. Kebijakan tarif yang dinamis ini diimplementasikan secara bertahap, dimulai dari penerapan tarif zona dan flat di beberapa kota potensial, khususnya di Pulau Jawa, dan penerapan tarif yang bersifat bottom up sesuai dengan kondisi pasar setempat.

Seluruh inovasi layanan yang terus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan zaman tersebut diharapkan dapat diterima masyarakat dan menjadikan Pos Indonesia sebagai pilihan utama mereka dalam memilih jasa kurir. [ak]
(poe)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7265 seconds (0.1#10.140)