BLT El Nino Rp400 Ribu Sudah Cair, Pos Indonesia Dapat Tugas Jadi Penyalur Utama

Jum'at, 15 Desember 2023 - 09:38 WIB
loading...
A A A
Mekanisme kedua adalah penyaluran lewat komunitas seperti di RT, RW, Kelurahan, dan Kecamatan. Terakhir, adalah mekanisme penyaluran langsung dengan mendatangi ke rumah KPM alias door to door.

"Ketiga, baru kita antar ke rumah-rumah. Ini dikirimkan untuk mereka yang lansia, orang sakit atau disabilitas. Kami akan salurkan ke rumah-rumah," lanjutnya.

"Diharapkan dengan cara ini, insyAllah, sebelum akhir 2023, sudah bisa selesai semua penugasan pada PT Pos Indonesia," jelas Faizal.

Sebelum merealisasikan ketiga mekanisme tersebut, Pos Indonesia juga mempersiapkan hal-hal penting. Salah satunya, mempersiapkan data KPM.

"Karena data ini memang datangnya bertahap sehingga begitu data kami terima, kami cleansing dulu. Setelah itu, kami serahkan kepada Kemensos untuk disetujui hasil cleansing tadi," kata Faizal.

Setelah Kementerian Sosial menyetujui, Pos Indonesia akan mencetak undangan untuk dikirimkan kepada para KPM. Kemudian, jadwal pengambilan BLT bagi KPM dibuat.

"Di mana mereka mau mengambil langsung ke Kantorpos, komunitas, atau diantar langsung ke rumah. Dari situlah, mereka datang sesuai dengan jadwal. Diharapkan semua data bisa diselesaikan paling lambat minggu depan sehingga sisa 2023 tinggal dua minggu bisa kami selesaikan," papar Faizal.

Para KPM yang menerima BLT El Nino merasa sangat terbantu di tengah kondisi ekonomi di mana harga kebutuhan pokok merangkak naik.

Salah satunya, Nur Sekha, warga Kelurahan Kuripan Kerto Harjo, ibu dua anak balita. “Suami buruh harian yang bisa dibilang tidak mendapatkan penghasilan yang menentu, jadi apalagi di akhir-akhir ini, beliau mendapatkan penghasilan yang bisa dibilang kurang. Jadi memang sulit menurut saya. Saya diminta datang untuk mendapatkan bantuan BLT El Mino, yang katanya hari ini juga akan ada kunjungan Presiden, jadi kami menunggu untuk beliau hadir. Untuk bantuan yang tadi saya terima, itu sebesar 400 ribu rupiah, dan saya sangat bersyukur,” tutur Nur Sekha.

BLT El Nino yang didapatkannya, lanjut Nur Sekha, akan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, seperti membeli beras dan kebutuhan pokok lainnya,
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1246 seconds (0.1#10.140)