TASPEN Culture Festival 2023: Tingkatkan Penerapan Prinsip AKHLAK Culture Journey

Jum'at, 15 Desember 2023 - 13:43 WIB
loading...
TASPEN Culture Festival 2023: Tingkatkan Penerapan Prinsip AKHLAK Culture Journey
Tingkatkan Penerapan Prinsip AKHLAK Culture Journey Melalui Kegiatan TASPEN Culture Festival 2023. (Foto: dok Taspen)
A A A
JAKARTA - PT TASPEN (Persero) secara konsisten menerapkan prinsip core values AKHLAK pada setiap kegiatan usaha dan pada seluruh pegawai TASPEN (Insan TASPEN) secara berkelanjutan. Untuk itu, Dalam rangka 3 (tiga) tahun penerapan AKHLAK sebagai core values seluruh insan BUMN, TASPEN menyelenggarakan kegiatan “TASPEN Culture Festival 2023” di Kantor Pusat TASPEN, Jakarta (13/12/2023).

Kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalkan penerapan AKHLAK dan meningkatkan kapabilitas Insan TASPEN sehingga menciptakan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang kompetitif guna mendukung keberlanjutan bisnis TASPEN. AKHLAK menjadi panduan dasar bagi seluruh Insan TASPEN dalam menjalankan tugas, agar dapat menghasilkan layanan yang optimal kepada seluruh peserta dan dapat meningkatkan kontribusi bisnis kepada Indonesia.

Kegiatan dihadiri oleh Komisaris Utama TASPEN Suhardi Alius dan Direktur Utama TASPEN A.N.S. Kosasih beserta jajaran dan lebih dari 1.500 orang Insan TASPEN Group. Turut hadir Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN, Tedi Bharata.

TASPEN Culture Festival 2023: Tingkatkan Penerapan Prinsip AKHLAK Culture Journey

Direktur Utama TASPEN A.N.S. Kosasih mengatakan, AKHLAK berperan penting sebagai pondasi dasar bagi seluruh upaya bisnis TASPEN dan bagi seluruh Insan TASPEN. Hal ini dibuktikan dengan sistem kompetensi manajemen TASPEN yang telah memasukkan komponen AKHLAK. Seluruh Insan TASPEN akan mendapatkan penilaian (scoring) tingkat AKHLAK dalam tiap tahapan proses pengembangan karir.

"Kami sampaikan apresiasi kepada Kementerian BUMN atas seluruh arahan yang membuat TASPEN senantiasa berupaya meningkatkan sinergi dan kolaborasi dengan perusahaan BUMN maupun pihak lainnya. Untuk itu, manajemen mendorong seluruh pemimpin untuk melaksanakan internalisasi AKHLAK sampai unit terkecil dengan selalu memonitor tingkat pemahaman Insan TASPEN mengenai core value AKHLAK,” ucapnya.

Kegiatan “TASPEN Culture Festival TASPEN 2023” menghadirkan sesi Expert Talk dari Associate Partner McKinsey & Company, Surya Sharma dengan tema “Peran Role Model dalam Mendorong Internalisasi Budaya Perusahaan”. Kemudian, pada kegiatan ini juga dilakukan penyerahan penghargaan Change Agent Terbaik, Unit Kerja Ter-AKHLAK, Change Activator Terbaik, serta Pengumuman Juara IDEATHON 2023 (yang merupakan kompetisi inovasi berkelanjutan) kepada Insan TASPEN.

Kegiatan ini menjadi bukti bahwa TASPEN telah memberikan apresiasi dan reward kepada Insan TASPEN dalam peningkatan kompetensi talenta terbaik, sehingga dalam mengelola dan memberikan manfaat kepada peserta dapat lebih optimal dengan prinsip AKHLAK.

Core Value AKHLAK terdiri dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Seluruh nilai ini telah diimplementasikan dalam seluruh proses bisnis perusahaan oleh seluruh Insan TASPEN. Insan TASPEN harus untuk bersikap Amanah, yakni mampu menyelesaikan seluruh tugas dan memberikan hasil lebih dengan tetap berintegritas dan menjaga profesionalitas.

Insan TASPEN juga harus Kompeten, yakni mampu mengembangkan diri, serta siap menerima tantangan untuk menjadi lebih baik. Dalam hal ini, TASPEN telah menghadirkan program belajar TEACH (TASPEN Employee Achievement Scholarship Program) agar Insan TASPEN dapat meningkatkan kapabilitas diri. Melalui value Harmonis, diharapkan Insan TASPEN dapat menciptakan komunikasi yang solutif dan efektif dengan berbagai pihak, terutama dalam menyelesaikan masalah.

Selain itu, core value Loyal diterapkan karyawan dengan mendukung bisnis perusahaan dan upaya keberlanjutan untuk Indonesia. Kemudian, Insan TASPEN diharapkan dapat Adaptif, yakni bersikap agile terhadap perkembangan sosial dan teknologi. Hal ini dibuktikan dengan penerapan digitalisasi produk dan layanan TASPEN. Terakhir, Insan TASPEN diharapkan dapat Kolaboratif, yakni membuka peluang kerja sama dengan berbagai pihak.

Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata mengatakan, AKHLAK bukan hanya sekedar program, namun menjadi bagian penting dalam memastikan kinerja perusahaan. AKHLAK lahir setelah mengkalibrasi seluruh corporate culture yang ada di seluruh BUMN.

"Saya mengapresiasi kinerja TASPEN di sepanjang tahun ini, dan diharapkan TASPEN dapat terus meningkatkan layanannya agar menjadi perusahaan yang berdaya saing. Oleh karena itu, Kementerian BUMN berharap agar TASPEN terus menjaga AKHLAK sebagai bagian penting dalam transformasi yang tengah dilakukan karena budaya menjadi salah satu parameter tercapainya tujuan perusahaan," ucapnya.

Ia juga mengatakan, semua BUMN memiliki tantangan dan progres yang berbeda-beda, sehingga harapannya core values AKHLAK dapat menjadi pemersatu seluruh BUMN untuk bersinergi dan berkolaborasi, saling membantu guna membantu proses percepatan digitalisasi.
(bga)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1925 seconds (0.1#10.140)