Jangan Asal! Ini Aturan Pasang Alat Peraga Kampanye Dekat Jaringan Listrik

Sabtu, 16 Desember 2023 - 18:30 WIB
loading...
Jangan Asal! Ini Aturan Pasang Alat Peraga Kampanye Dekat Jaringan Listrik
PLN mengimbau agar pemasangan APK dekat jaringan listrik mengikuti aturan demi menjaga keselamatan. Foto/Ilustrasi/Dok. PLN
A A A
JAKARTA - Memasuki masa kampanye Pemilihan Umum (Pemilu), banyak Alat Peraga Kampanye (APK) baik itu berupa bendera, baliho, maupun umbul-umbul dipasang di tempat umum. Tak jarang, APK juga ditemukan terpasang di dekat jaringan listrik.

Menanggapi hal itu, PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya mengeluarkan imbauan terkait pemasangan APK di dekat jaringan listrik. PLN meminta pemasangan APK selalu memperhatikan jarak aman terhadap jaringan listrik.



"Perhatikan jarak aman dalam pemasangan bendera maupun baliho dengan kabel dan instalasi listrik lainnya untuk keamanan dan keselamatan masyarakat," ungkap General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya Lasiran melalui siaran pers, Sabtu (16/12/2023).

Dia menjelaskan, jarak aman antara APK dengan jaringan PLN kurang lebih 2,5 meter dari kabel Tegangan Menengah. Sedangkan jarak dari kabel Tegangan Rendah kurang lebih 1 meter. "Potensi bahaya yang ditimbulkan akibat APK yang menempel pada jaringan listrik yaitu korsleting listrik sampai dengan bahaya ledakan dan kebakaran," terangnya.



Selain itu, PLN juga mengimbau agar APK tidak dipasang di tiang listrik. Pasalnya, hal itu dikhawatirkan akan menambah beban tiang listrik sehingga menyebabkan tiang menjadi miring.

"Secara rutin, PLN melakukan inspeksi terhadap jaringan listrik untuk memastikan keandalan dan kontinuitas pasokan. Masyarakat bisa secara aktif melaporkan kepada PLN apabila melihat potensi berbahaya dari benda-benda yang berada dekat jaringan listrik. Laporan bisa disampaikan masyarakat melalui aplikasi PLN Mobile," tambah Lasiran.

Dalam rangka Pemilu, tegas Lasiran, PLN siap mendukung dengan keandalan listrik di lokasi-lokasi penting. Personel dan peralatan pun disiapkan untuk menjaga kontinyuitas pasokan listrik. "PLN menyiapkan pasokan listrik berlapis di lokasi penting Pemilu, antara 2 sampai 5 lapis," jelasnya.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1103 seconds (0.1#10.140)