Ini Solusi Jitu Ganjar Pranowo Perkuat Ketahanan Pangan

Senin, 18 Desember 2023 - 22:01 WIB
loading...
Ini Solusi Jitu Ganjar Pranowo Perkuat Ketahanan Pangan
Capres Ganjar ungkap strategi ciptakan ketahanan pangan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Terkait upaya memperkuat ketahanan pangan di Indonesia, capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyebutkan bahwa pendataan sebaran lahan komoditas penting untuk dilakukan secara tepat dan menyeluruh. Pernyataan itu disampaikan Ganjar usai bertemu warga di Rest Area BUMDES Silatri di Desa Beran, Kecamatan Kepil, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah pada Senin (18/12/2023).



"Yang pertama pendataan lahan petani dan petaninya. Yang kedua peta komoditas Indonesia, sehingga bicara ketahanan pangan dan kedaulatan pangan juga bicara diversifikasi pangan," ujar Ganjar di lokasi.

Menurut capres berambut putih itu, jika pendataan yang dilakukan bisa mencakup seluruh petani dan lahan komoditas yang ada, maka kuantitas kebutuhan untuk seluruh rakyat Indonesia bisa disesuaikan.

Kemudian penghitungan sarana produksi (saprodi) dan sarana produksi pertanian (saprotan) juga diperlukan untuk memperlancar proses produksinya yang harus mengikuti modernisasi. Pasalnya, para petani harus dibekali pelatihan dan pendampingan dalam penggunaan alat-alat produksi agar lebih mudah dan cepat.

Hal itu juga senada dalam salah satu program Ganjar saat masih menjabat Gubernur Jawa Tengah yang terus membantu petani untuk memperkuat ketahanan pangan.

"Kita bicara saprodi saprotannya, apa yang diperlukan untuk sarana produksinya dan pertaniannya maka modernisasi. Modernisasi tidak bisa dihindari," kata Ganjar.

Langkah berikutnya, Ganjar juga mendorong agar peran Perum Bulog bisa dikembalikan ke fungsinya, agar tidak terjadi liberalisasi dalam proses produksi pertanian para petani di daerah.

"(Bulog) Dikembalikan ke fungsi awal. Kalau zaman dulu ada sembilan bahan pokok yang dikuasai negara, maka kuasai lagi. Kalau tidak akan terjadi liberalisasi dan itu membahayakan," ucap Ganjar.

Ganjar meyakini bahwa petani Indonesia bisa mencukupi kebutuhan pangan seluruh rakyat Indonesia. Hal itu, kata Ganjar, sesuai dengan keyakinan untuk berdiri di atas kaki sendiri (Berdikari). Jika itu bisa dilakukan, maka petani pun bisa lebih makmur dan sejahtera.



"Kalau kita bisa produksi kenapa tidak? Kalau kita kurang ya seoptimal mungkin yang bisa kita produksi kita bikin sendiri. Itulah berdikari," jelas Ganjar.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1301 seconds (0.1#10.140)