Bulan Fintech Nasional Jadi Ajang Sinergi Tingkatkan Literasi Keuangan Digital

Selasa, 19 Desember 2023 - 20:55 WIB
loading...
Bulan Fintech Nasional Jadi Ajang Sinergi Tingkatkan Literasi Keuangan Digital
Rangkaian kegiatan dalam ajang BFN diyakini bisa tingkatkan literasi keuangan digital. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan ( OJK ) mengapresiasi keberhasilan gelaran Bulan Fintech Nasional (BFN) dan 5th Indonesia Fintech Summit & Expo (IFSE) 2023 yang telah berlangsung pada11 November-12 Desember. Ajang yang diselenggarakan sejumlah asosiasi fintech itu telah berhasil meningkatkan sinergi antara regulator dan pelaku industri fintech dalam meningkatkan edukasi dan literasi kepada masyarakat terkait teknologi keuangan digital.



“Keberhasilan penyelenggaraan BFN dan IFSE 2023 merupakan sebuah pencapaian yang sangat strategis. Hal ini menandakan era baru peningkatan sinergi dan kolaborasi antara regulator dan pelaku industri dalam menghadapi tantangan di sektor fintech sekaligus meningkatkan literasi publik dalam memanfaatkan layanan fintech secara produktif dan bertanggung jawab,” kata Hasan Fawzi, Kepala Eksekutif Pengawas Inovasi Teknologi Sektor Keuangan, Aset Keuangan Digital dan Aset Kripto OJK, dikutip Selasa (19/12/2023).

Hasan berharap melalui BFN dan IFSE 2023, inklusi keuangan di Indonesia dapat terus ditingkatkan. Dengan demikian, sektor ekonomi digital Indonesia dapat terus tumbuh dan menjadi motor utama pertumbuhan ekonomi nasional.

“Saya tentu berharap masyarakat yang masuk dalam kategori unbanked dapat dijangkau dan memanfaatkan layanan fintech sehingga inklusi keuangan dapat terus ditingkatkan,” tambah Hasan.

Dalam satu bulan pelaksanaan BFN 2023, diselenggarakan lebih dari 147 kegiatan webinar/seminar edukasi dan literasi terkait fintech secara online dan offline dengan menghadirkan lebih dari 172 narasumber yang berasal dari kementerian/lembaga, akademisi, pelaku industri, dan asosiasi, serta mitra pendukung terkait lainnya.

BFN 2023 didukung dan diikuti juga oleh lebih dari 75 perusahaan fintech sebagai kontributor yang telah menyajikan lebih dari 236 program promosi berupa cashback, discount, referral promo, free admin fee, paket bundling, dan lain lain. Tak hanya itu, BFN 2023 turut menarik potensi talenta digital muda Indonesia dengan menyajikan lebih dari 170 lowongan pekerjaan

Pada momentum ini, Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) juga meluncurkan program Indonesian Fintech Youth Community (INFINITY), sebagai langkah konkret dan program ini telah berhasil melakukan kegiatan seminar edukasi dan literasi di kampus-kampus. Lewat kegiatan ini peserta dapat memahami perkembangan layanan dan teknologi di sektor fintech sekaligus dapat lebih bertanggungjawab dalam menggunakan berbagai layanan yang ditawarkan penyedia jasa fintech secara tepat guna.

Ketua Umum AFTECH Pandu Sjahrir mengapresiasi dukungan seluruh pihak yang telah bekerja keras menyukseskan penyelenggaraan BFN dan IFSE 2023. Pandu mengungkapkan keberhasilan pelaksanaan BFN dan IFSE 2023 merupakan komitmen yang ditunjukkan AFTECH, anggotanya, dan seluruh pihak yang terlibat untuk memajukan sektor fintech di Indonesia.

“Kontribusi yang diberikan oleh berbagai pihak yang terlibat merupakan bentuk dukungan yang sangat penting untuk semakin meningkatkan pemahaman konsumen akan manfaat dan peran strategis layanan fintech saat ini, ” jelas Pandu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2265 seconds (0.1#10.140)