Sat Set Pangan Ala Ganjar, Pasokan Aman dan Bikin Harga Ringan di Kantong

Jum'at, 22 Desember 2023 - 07:27 WIB
loading...
Sat Set Pangan Ala Ganjar, Pasokan Aman dan Bikin Harga Ringan di Kantong
Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo memprioritaskan kedaulatan pangan dan menjaga kestabilan harga bahan pokok. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Membangun kedaulatan pangan dan menjaga kestabilan harga bahan-bahan pokok menjadi salah satu prioritas utama Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo . Setidaknya ada 5 jurus Ganjar dalam upaya mewujudkan kedaulatan pangan.

1. Pangan Terjamin, Terjaga, Terjangkau, dan Terdiversifikasi
Menjamin ketersediaan pangan dari dalam negeri, aman, berkualitas, murah, dan terdiversifikasi berbasis kearifan lokal serta mendukung Desa Mandiri Pangan. Selain itu, kepastian pangan murah melalui stabilisasi harga pangan juga akan dijaga.

2. Alsintan Modern dan Dukungan Sarana Prasarana
Mendukung petani, peternak, dan nelayan dengan alat modern, benih unggul, pupuk berkualitas, murah, dan tepat waktu. Memperbanyak sistem pengairan (waduk, bendungan, embung, dan irigasi), jalan usaha tani yang memadai, fasilitas cold storage, serta pengolahan dan pemasaran hasil tani, ikan, maupun ternak terintegrasi.

3. Industri Pangan Berkelanjutan
Membangun industri pangan berdaya saing dengan mengutamakan sumber pangan lokal untuk mengolah hasil pertanian menjadi produk bernilai tambah melalui fasilitasi penelitian dan teknologi pangan ramah lingkungan.

4. Lahan Subur untuk Petani
Menghentikan alih guna lahan untuk memastikan lahan subur dan lahan produktif diberikan kepada petani kecil dan buruh tani, serta diperkuat dengan pengelolaan tata ruang yang adil dan berkelanjutan.

5. Petani, Peternak, dan Nelayan Sejahtera
Meningkatkan nilai tukar petani, nilai tukar nelayan, dan kesejahteraan peternak disertai dengan kebijakan perdagangan yang pro produksi dalam negeri.



Pada implementasinya untuk menurunkan harga pangan, Ganjar beberapa waktu lalu mengungkapkan, 3 jurus jitu membuat harga bahan pokok menjadi ramah kantong. Strategi tersebut telah sukses diterapkan Ganjar saat menjabat Gubernur Jawa Tengah selama dua periode dan akan diterapkan di tingkat nasional

Dia mengungkapkan strategi yang pertama adalah terkait data sehingga pemerintah harus memiliki satu data pertanian seluruh Indonesia.

"Yang pertama pendataan, lahan petani dan petaninya. Maka dengan sistem pendataan yang baik atau satu data pertanian Indonesia, insyaallah akan mempermudah dalam pengelolaan ketahanan sampai kedaulatan pangan kita," ujar Ganjar, Senin (18/12).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1004 seconds (0.1#10.140)