Ridwan Kamil Targetkan Pembangunan Kawasan Inti IKN Rampung Juli 2024

Jum'at, 22 Desember 2023 - 14:21 WIB
loading...
Ridwan Kamil Targetkan Pembangunan Kawasan Inti IKN Rampung Juli 2024
Kurator IKN Nusantara, Ridwan Kamil mengungkapkan perkembangan pembangunan IKN Nusantara. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pembangunan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) di Ibu Kota Negara ( IKN ) Nusantara, Kalimantan Timur (Kaltim), ditargetkan rampung pada Juni atau Juli 2024. Saat ini proses konstruksinya terus digenjot.

Kurator IKN Nusantara, Ridwan Kamil atau Kang Emil memastikan pembangunan kawasan KIPP rampung hingga Juli tahun depan, sehingga pada Agustus nanti seluruh perkantoran sudah dapat difungsikan. Selain itu, akan dapat digunakan sebagai lokasi upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia tahun depan.

"Semua target di bulan Juni-Juli kantor-kantor itu (KIPP), kementerian itu sudah selesai (pembangunan), sehingga pada saat upacara kemerdekaan, 17 Agustus di IKN fungsi pemerintahan sudah berfungsi," ujar Ridwan Kamil saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Jumat (22/12/2023).



Senada dengan target penyelesaian Kawasan Inti Pusat Pemerintahan, pria yang akrab dipanggil Kang Emil itu mencatat gelombang pemindahan Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Jakarta ke IKN Nusantara tengah dipersiapkan pemerintah.

Proses migrasi ASN ini juga dibarengi dengan target rampungnya beberapa infrastruktur pendukung lainnya pada 2024. Tercatat, pemerintah akan memindahkan 3.245 ASN ke IKN tahap pertama, yang dilaksanakan pada Juli-November 2024.

"Makanya gelombang pemindahan ASN juga sedang berproses, apartemen-apartemen itu juga sudah mulai selesai, setahun ke depan," paparnya.

"Dan terpenting juga bandaranya sudah selesai tahap satunya, jadi nanti IKN punya bandara sendiri, jadi jakarta tuh bisa langsung ke IKN," kata dia.



Infrastruktur lain yang dipastikan siap adalah bandara VVIP IKN Nusantara. Kang Emil menyebut konstruksinya dipercepat, setelah Presiden melakukan groundbreaking pada 1 November 2023.

"Dan terpenting juga bandaranya sudah selesai tahap satunya, jadi nanti IKN punya bandara sendiri, jadi Jakarta tuh bisa langsung ke IKN," jelasnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1063 seconds (0.1#10.140)