Sama Populer, Ini Perbandingan Harga Kereta Cepat Whoosh, TGV dan Shinkasen

Sabtu, 23 Desember 2023 - 13:30 WIB
loading...
Sama Populer, Ini Perbandingan Harga Kereta Cepat Whoosh, TGV dan Shinkasen
Kereta cepat Shinkansen Jepang telah banyak dikenal masyarakat dunia. FOTO/Japan Rail Pass
A A A
JAKARTA - Kereta Cepat yang berada di Jepang dan Prancis yakni Shinkansen dan TGV rupanya memiliki rentang harga yang cukup jauh dengan Whoosh yang ada di Indonesia.

Sejak Kereta Cepat Jakarta Bandung diresmikan pada Oktober 2023 lalu, moda transportasi tersebut kini tengah jadi primadona karena menyajikan pengalaman perjalanan yang belum pernah ada sebelumnya.

Sementara di luar negeri sendiri Kereta Cepat sudah menjadi salah satu transportasi yang umum, terutama di beberapa negara maju yang sudah lama menerapkan moda transportasi tersebut.

Dari banyaknya kereta cepat yang tersebar di dunia, TGV dan Shinkansen bisa jadi yang paling populer karena kecepatannya. Terlebih, TGV merupakan pelopor kereta cepat di dunia.

Perbandingan Harga Kereta Cepat Whoosh, TGV dan Shinkasen

1. Kereta Cepat Whoosh

Awalnya Tarif Kereta Cepat Whoosh ini seharga Rp200.000 dan Rp250.000 untuk sekali perjalanan ketika PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) memberikan promo awal. Namun untuk harga normal saat ini berkisar di angka Rp 200.000 hingga Rp 300.000.

Kereta yang baru beroperasi ini diperkirakan memiliki kecepatan hingga 350 km/jam. Rute perjalanannya sendiri adalah Halim-Padalarang PP dan Halim-Tegalluar PP. Baca Juga: Kereta Cepat Whoosh Tambah Perjalanan Periode Nataru, Ini Jadwalnya

2. Kereta Cepat TGV

Kereta asal Prancis yang bernama TGV (Train Ă  Grande Vitesse) ini bisa disebut sebagai kereta cepat pertama di Eropa. Kecepatannya sendiri bahkan sempat memecahkan rekor dunia, karena mencapai 574,8 km/jam. Namun untuk pengoperasian umum, kereta ini hanya punya top speed 320 km/jam di Prancis. Tarif TGV di Prancis juga bervariasi tergantung pada rute dan kelas tiket. Karena kereta satu ini tidak hanya melayani rute perjalanan dalam negeri membuat tarifnya cukup mahal. Tarif Kereta IGV ini berkisar di angka Rp1,6 juta-Rp3 juta atau lebih untuk tiket satu arah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2610 seconds (0.1#10.140)