PLN IP Raih Proper Emas Terapkan Proses Bisnis Berbasis ESG

Sabtu, 23 Desember 2023 - 22:00 WIB
loading...
PLN IP Raih Proper Emas Terapkan Proses Bisnis Berbasis ESG
Penghargaan diserahkan Wakil Presiden Maruf Amin kepada Direktur Utama PLN Indonesia Power Edwin Nugraha Putra dalam acara di Jakarta, Rabu (20/12/2023). FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT PLN Indonesia Power (PLN IP) meraih 13 penghargaan Emas dalam ajang Anugerah Lingkungan Proper 2023 sebagai bukti komitmen korporasi menjalankan proses bisnis berbasis lingkungan, sosial dan tata kelola (environmental, social, and governance/ESG). Penghargaan diserahkan Wakil Presiden Ma'ruf Amin kepada Direktur Utama PLN Indonesia Power Edwin Nugraha Putra dalam acara di Jakarta, Rabu (20/12/2023).

"Capaian Proper Emas ini buah dari transformasi korporasi yang bersungguh-sungguh dalam pengelolaan lingkungan. Kami terus berkomitmen mewujudkan kinerja lingkungan yang unggul dan berkelanjutan," ujar Edwin.



Edwin mengatakan pencapaian tersebut merupakan hasil transformasi PLN IP sebagai Subholding Generation Company PT PLN (Persero) dalam menjalankan proses bisnis berbasis ESG serta fokus terhadap pengelolaan lingkungan.

Wakil Presiden K.H. Ma'ruf Amin kepada para penerima penghargaan dan menyampaikan penghargaan Proper dapat dijadikan acuan dalam menjalankan proses bisnis berkelanjutan yang diselaraskan dengan prinsip ekonomi hijau.

"Selamat kepada para penerima Anugerah Proper, karena Proper ini layaknya kompas yang mampu memandu praktik bisnis berkelanjutan dengan mengaplikasikan prinsip ekonomi hijau, bahkan mendorong capaian yang melebihi ketaatan industri terhadap peraturan lingkungan hidup," jelasnya.

Edwin mengatakan PLN Indonesia Power terus melakukan upaya untuk mendukung pemerintah dalam mewujudkan target nol emisi karbon (net zero emission/NZE) pada 2060 dengan mengakselerasi transisi energi di tanah air.

"Sejalan dengan Proper, kami mendukung upaya pemerintah dalam menargetkan NZE di tahun 2060, seperti halnya melakukan penambahan pembangkit energi baru terbarukan, penerapan cofiring biomassa di pembangkit listrik tenaga uap serta menghadirkan green hydrogen plant sebagai upaya membentuk rantai pasok kebutuhan hidrogen hijau di masa depan sebagai bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan," jelasnya.



Edwin menjelaskan proper emas yang diterima PLN IP ini merupakan nilai tertinggi dari Proper, yang diselenggarakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Artinya, PLN Indonesia Power telah melaksanakan prosedur pengelolaan lingkungan di atas standar yang ditetapkan oleh KLHK atau beyond compliance.

Di samping itu, PLN Indonesia Power juga telah menjalankan program pengembangan masyarakat yang berkesinambungan atau community development. Ke-13 unit pembangkit PLN Indonesia Power, yang meraih Emas dalam Anugerah Lingkungan Proper 2023 adalah PLTA Mrica, PLTGU Cilegon, PLTGU Priok, PLTGU Grati, PLTGU Tambak Lorok, PLTP Gunung Salak, PLTP Kamojang Darajat, PLTU Banten 3 Lontar, PLTU Suralaya, PLTU Pelabuhan Ratu, PLTU Banten 1 Suralaya, PLTDG Pesanggaran dan PLTGU Keramasan.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1237 seconds (0.1#10.140)