Rupiah Diperkirakan Menyusut Saat USD Terus Melaju

Kamis, 22 Februari 2018 - 09:23 WIB
Rupiah Diperkirakan Menyusut Saat USD Terus Melaju
Rupiah Diperkirakan Menyusut Saat USD Terus Melaju
A A A
JAKARTA - Pergerakan rupiah kali ini kembali berada di bawah target support Rp13.615/USD yang mengindikasikan masih besarnya tekanan jual terhadap rupiah. Analis Senior Binaartha Sekuritas Reza Priyambada memperkirakan, kondisi ini disebabkan pergerakan dolar Amerika Serikat (USD) yang kembali terapresiasi seiring meningkatnya imbal hasil obligasi AS.

"Diperkirakan laju rupiah masih berpotensi melanjutkan pelemahannya seiring belum adanya sentimen positif maupun perlawanan untuk menahan pelemahan rupiah lebih lanjut," ujarnya di Jakarta, Kamis (22/2/2018).

Diperkirakan Reza, rupiah akan bergerak dengan kisaran di level support Rp13.625/USD dan resisten Rp13.605/USD. Sementara, pergerakan rupiah kemarin tampaknya tidak kunjung membaik di tengah masih minimnya sentimen positif dari dalam negeri.

Adanya pernyataan positif dari Gubernur BI Agus Martowardojo terkait kebijakan makroprudensial yang di tahun ini akan menjadi tumpuan untuk memulihkan penyaluran kredit perbankan yang dalam beberapa periode terus melemah di bawah 10%, tampaknya kurang cukup kuat mengangkat rupiah.

"Bahkan tambahan pernyataan positif dari Kemenkeu, di mana APBN di bulan Januari 2018 menunjukan perbaikan, juga tidak cukup memberikan imbas positif pada rupiah. Masih adanya ekspektasi kenaikan suku bunga The Fed membuat laju USD kembali terapresiasi dibandingkan mata uang lainnya," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5585 seconds (0.1#10.140)