Salurkan Dana PEN Rp455 Miliar, Bos LPDB-KUMKM: ke Macam-macam Sektor

loading...
Salurkan Dana PEN Rp455 Miliar, Bos LPDB-KUMKM: ke Macam-macam Sektor
Direktur Utama LPDB KUMKM Supomo mengatakan, realisasi tersebut terhitung hingga Selasa, 10 Agustus 2020 hari ini. Foto/Dok
A+ A-
JAKARTA - Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (LPDB-KUMKM) mencatat telah merealisasikan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebesar Rp455 miliar dari total anggaran Rp1 triliun. Realisasi itu diberikan kepada sejumlah sektor bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

(Baca Juga: Bagi-bagi Uang Tunai Rp2,4 Juta ke Pelaku UMKM Sudah Dekat, Erick Beri Bocoran)

Direktur Utama LPDB KUMKM Supomo mengatakan, realisasi tersebut terhitung hingga Selasa, 10 Agustus 2020 hari ini. "Yang sudah terealisasi sebesar Rp455 miliar, aplikasinya dananya ke macam-macam sektor," ujar Supomo usai melakukan Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics, dan PT Perikanan Nusantara (Persero) atau Perinus, Jakarta, Senin (10/8).

Bahkan, Supomo menyebut, bila realisasi dana PEN senilai Rp1 triliun, maka ada kemungkinan pihaknya menggunakan dana internal untuk memberikan insentif kepada UMKM. Bahkan kata dia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun mengarahkan untuk menambahkan dana bagi LPDB KUMKM.

"Dana kami di LPDB ada Rp1 triliun yang sudah diamanahkan oleh program PEN, namun kalau itu habis kan dana internal masih ada. Bahkan, jadi Presiden bakal ditambahkan lagi," kata dia.



(Baca Juga: Erick Thohir Buka-bukaan di Depan Pengusaha KADIN: Kesehatan Pulih, Ekonomi Bangkit)

Untuk mendorong kesejahteraan UMKM dan masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19, lanjut Supomo, pihaknya hadir sebagai intermediary atau perantara, dimana LPDB telah melakukan penandatangan MoU antara Perinus, BGR Logistics dengan UMKM.

"Kami memiliki visi yang sama untuk mensejahterakan masyarakat (UMKM) dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini. Sehingga kami sebagai kepanjangan tangan dari pemerintah hadir di tengah-tengah masyarakat di mana mempunyai porsi sendiri. Tapi sendiri tadi kita sinergikan jadi satu yaitu, mensejahterakan rakyat dalam kondisi saat ini," ujar Supomo, Jakarta.

Supomo mengungkapkan, pihaknya akan memberikan sejumlah dana bagi Perinus dan BGR Logistics. Hal itu, kata dia, agar manajemen PGR dan Perinus tidak kesusahaan mencari dana operasional dalam menjalankan kinerja bisnis mereka.
(akr)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top