Soal Impor Gula, Ganjar Tegaskan Serap Dulu Hasil Tebu Petani

Jum'at, 12 Januari 2024 - 15:15 WIB
loading...
Soal Impor Gula, Ganjar Tegaskan Serap Dulu Hasil Tebu Petani
Persoalan impor gula menjadi persoalan serius yang dikeluhkan petani tebu kepada Ganjar Pranowo saat menemui mereka di Nganjuk Jawa Timur, Jumat (12/1/2024). FOTO/dok.SINDOnews
A A A
NGANJUK - Persoalan impor gula menjadi persoalan serius yang dikeluhkan petani tebu kepada Ganjar Pranowo saat Capres 2024 itu menemui mereka di Nganjuk Jawa Timur, Jumat (12/1/2024). Akibat impor gula besar-besaran, harga tebu jatuh dan banyak yang tak terserap pabrikan.

"Pak Ganjar, kalau bapak jadi presiden tolong perhatikan soal impor gula. Tolong hitung betul kebutuhan dalam negeri dan stok dari hasil panen dari petani tebu rakyat," ucap M Yahya, Ketua Asossiasi Petani Tebu Rakyat PG Tjoekir.

Yahya mengatakan, selama ini impor gula tak mempertimbangkan hasil pertanian tebu rakyat. Ia mencontohkan, saat kebutuhan gula dalam negeri sebesar 5 juta ton, namun impor yang dilakukan sebanyak 7 juta ton. Artinya, kuota impor melebihi kebutuhan dalam negeri.

"Lha ini kan membuat tebu rakyat tidak laku di pasaran pak. Kelebihan gula di Indonesia ini yang akan menjatuhkan harga tebu rakyat," tegasnya.



Yahya berharap, pemerintah mengutamakan gula dalam negeri hasil para petani tebu untuk memenuhi kebutuhan. Jika memang kurang, baru impor dilakukan dan jumlahnya sesuai kebutuhan.

"Tolong pak, kalau bapak jadi presiden, tolong soal impor gula ini dibenahi. Kasihan petani kecil," ucapnya.

Ganjar sepakat dengan hal itu. Menurutnya, problem di Indonesia yang mendesak diselesaikan adalah soal data. Data impor gula misalnya, harus diperbaiki agar kebijakan itu benar-benar tepat sasaran dan tidak merugikan.

"Oh iya ini bagus sekali. Para petani wadul, mbok kalau impor gula itu tebu petaninya dibeli lebih dulu. Jangan sampai kebutuhannya lebih berat impor, maka kita tidak akan pernah mandiri," ucapnya.

Sebenarnya di Jateng Ganjar sering mendengar persoalan yang sama. Misalnya disampaikan petani tembakau yang merugi akibat tembakau mereka tak laku karena impor.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2515 seconds (0.1#10.140)