AS-Inggris Serang Yaman, Semakin Banyak Kapal Tanker Minyak Hindari Laut Merah

Sabtu, 13 Januari 2024 - 14:06 WIB
loading...
A A A
"Namun, serangan AS dan Inggris di Yaman dapat menandai titik balik karena setidaknya untuk beberapa hari Selat Bab al-Mandab akan menjadi zona perang," kata kepala penelitian di Medco Shipbrokers yang berbasis di Spanyol, Alberto Ayuso Martin.



Grup kapal tanker minyak Denmark, Torm (TRMDa.CO) mengatakan mereka memutuskan untuk menghentikan sementara semua transit melalui Laut Merah bagian selatan. Perusahaan pelayaran Hafnia (HAFNI.OL) dan Stena Bulk juga mengatakan bahwa mereka akan menghindari Bab al-Mandab.

Perusahaan pelayaran peti kemas besar Maersk (MAERSKb.CO) dan Hapag Lloyd (HLAG.DE) menyambut baik langkah-langkah untuk mengamankan wilayah tersebut. Namun mereka tidak mengatakan apakah serangan AS dan Inggris akan cukup bagi mereka untuk kembali ke Terusan Suez, rute tercepat antara Asia dan Eropa yang menyumbang sekitar 12% lalu lintas peti kemas global.

Bulan lalu, perusahaan kapal tanker minyak Belgia, Euronav (EUAV.BR) mengatakan mereka akan menghindari wilayah Laut Merah sampai pemberitahuan lebih lanjut. Seorang juru bicara perusahaan mengatakan bahwa kebijakan tersebut tidak berubah.
(nng)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4389 seconds (0.1#10.140)