AS-Inggris Serang Yaman, Semakin Banyak Kapal Tanker Minyak Hindari Laut Merah

Sabtu, 13 Januari 2024 - 14:06 WIB
loading...
AS-Inggris Serang Yaman, Semakin Banyak Kapal Tanker Minyak Hindari Laut Merah
Semakin banyak kapal tanker menghindari Laut Merah setelah AS dan Inggris melancarkan serangan udara ke Yaman. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Semakin banyak kapal tanker menghindari Laut Merah setelah AS dan Inggris melancarkan serangan udara ke Yaman. Serangan-serangan tersebut dilakukan dari udara dan laut sebagai tanggapan atas serangan militan Houthi terhadap kapal-kapal di Laut Merah sebagai jalur pelayaran vital bagi perdagangan global.

Perusahaan kapal tanker INTERTANKO dalam sebuah pernyataan melaporkan, Pasukan Maritim Gabungan (CMF) sebuah kemitraan maritim multinasional yang dipimpin oleh AS dari Bahrain telah memperingatkan semua kapal untuk menghindari Selat Bab al-Mandab di ujung selatan Laut Merah selama beberapa hari.

Houthi telah menargetkan kapal-kapal komersial sejak akhir tahun lalu dalam serangan-serangan yang menurut kelompok itu bertujuan untuk mendukung Palestina melawan serangan Israel yang menghancurkan di Jalur Gaza yang dikuasai Hamas. Insiden-insiden tersebut terkonsentrasi di Selat Bab al-Mandab sebelah barat daya Semenanjung Arab.



Dalam tanda eskalasi lebih lanjut, Iran telah menyita sebuah kapal tanker dengan minyak mentah Irak yang ditujukan ke Turki. Insiden tersebut terjadi di dekat Selat Hormuz, antara Oman dan Iran, sebuah koridor pelayaran penting lainnya.

Kapal tanker Toya, Diyyinah-I, Stolt Zulu dan Navig8 Pride LHJ semuanya terlihat berbalik arah di tengah pelayaran untuk menghindari Laut Merah antara pukul 03.00 dan 07.30 GMT pada Jumat (12/1), menurut pelacakan kapal dari LSEG dan Kpler.

Lima kapal tanker minyak lainnya - Madarah Silver, Hafnia Thames, Free Spirit, Front Fusion, dan Gamsunoro - melakukan pengalihan rute atau menghentikan sementara pelayarannya pada hari Jumat. Harga minyak naik sekitar 2% pada pukul 15.42 GMT, setelah naik lebih jauh lagi di awal sesi dengan perdagangan minyak mentah Brent di atas USD80.

"Ketakutan di pasar minyak adalah bahwa wilayah ini berada pada jalur eskalasi yang tidak dapat diprediksi di mana pada suatu saat nanti, pasokan minyak pada akhirnya akan hilang," ujar Analis SEB Bjarne Schieldrop dikutip Reuters, Sabtu (13/1/2024).

Sejumlah perusahaan pelayaran dalam beberapa minggu terakhir memilih untuk menghindari wilayah Laut Merah karena risiko yang meningkat. Meskipun ada beberapa pengalihan kapal tanker, gangguan rantai pasokan sebagian besar terbatas pada industri pengiriman peti kemas sejak Houthi meningkatkan serangan maritim mereka pada bulan Desember. Lalu lintas kapal tanker minyak melalui Laut Merah tetap stabil bulan lalu.

Pengalihan sejauh ini berdampak pada jumlah tanker yang lebih kecil dibandingkan dengan rata-rata harian Desember yang mencapai 76 tanker yang ada di Laut Merah bagian selatan dan Teluk Aden, seperti yang dihitung oleh layanan pelacakan MariTrace.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2418 seconds (0.1#10.140)