Astra Tol Tamer Revitalisasi Akses Keluar-Masuk Kendaraan

Jum'at, 20 April 2018 - 20:01 WIB
Astra Tol Tamer Revitalisasi Akses Keluar-Masuk Kendaraan
Astra Tol Tamer Revitalisasi Akses Keluar-Masuk Kendaraan
A A A
JAKARTA - Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak (Astra Tol Tamer) selaku badan usaha jalan tol Ruas Tangerang-Merak merevitalisasi akses masuk dan keluar jalan tol di ruas Tol Tangerang-Merak. Revitalisasi ruas Tol Tangerang-Merak dilakukan di empat wilayah, di antaranya Balaraja Barat, Serang Timur, Serang Barat serta Cilegon Timur.

Kepala Divisi Hukum dan Humas PT Marga Mandalasakti Indah Permanasari mengatakan, program revitalisasi akses dilakukan untuk mengembalikan fungsi akses Jalan Tol Tangerang-Merak sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Perbaikan akses yang lebih baik, diharapkan mampu memberikan manfaat sebaik-baiknya bagi pemerintah, pengguna jalan dan tentunya masyarakat di sekitarnya," ucapnya dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat (20/4/2018).

Pelayanan yang lebih baik tersebut, kata dia, juga diatur dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 18/PRT/M/2010 tentang Pedoman Revitalisasi Kawasan di sekitar akses jalan tol. Bentuk revitalisasi akses yang dilakukan sepanjang Tol Tangerang-Merak antara lain perbaikan drainase, pembangunan pagar, pembuatan frontage, penghijauan, dan penertiban pedagang liar.

Saat ini Astra Tol Tangerang-Merak melakukan revitalisasi akses di wilayah Serang Timur sudah memasuki tahap dua. "Tentunya hal ini merupakan salah satu upaya Astra Tol Tamer dalam menginventarisasi aset milik negara dengan penataan kembali area akses yang bersih dari pedagang asongan dan masyarakat yang melintas. Sehingga tidak ada hambatan bagi pengguna jalan yang akan masuk dan keluar jalan tol," jelasnya.

Pembangunan revitalisasi akses di wilayah Serang Timur ini merupakan kelanjutan revitalisasi akses yang dilakukan di tahun sebelumnya. Pada tahun 2017, Astra Tol Tamer telah merampungkan pemasangan pagar pengaman di sepanjang akses menuju Gerbang Tol Serang Timur.

Pada revitalisasi akses tahap dua ini lingkup pekerjaan dibagi menjadi tiga di antaranya pembangunan frontage road, penataan kawasan/area akses, normalisasi saluran, dan Penerangan Jalan Umum (PJU) akses yang direncanakan akan rampung pada awal bulan Juni.

Selain itu, juga dibangun frontage road atau jalan samping di wilayah Serang Timur terbagi atas frontage road arah Kemang, frontage road jalan Sudirman dan frontage road ke arah Trondol. Pembangunannya dirancang untuk dilewati pengguna sepeda motor maupun mobil.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7191 seconds (0.1#10.140)