Wujudkan Energi Transisi, Apa Saja yang Sudah Dilakukan MIND ID di 2023?

Jum'at, 19 Januari 2024 - 16:32 WIB
loading...
A A A
Pada 13-15 Oktober 2023, MIND ID telah menggelar event deck booth di Sarinah Thamrin, Jakarta. Melalui kegiatan yang digelar dalam rangka memperingati Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-78 ini, pengunjung disuguhi booth permainan bertema tambang, instalasi, foto dan video informatif mengenai praktik pertambangan, kompetisi media sosial, hingga diberi edukasi terkait produk hilirisasi pertambangan Indonesia dari anggota Grup MIND ID

Selain itu, MIND ID juga ikut serta menggarap program bagi-bagi bibit pohon dalam rangka Gotong Royong Boyong Pohon yang digagas Kementerian BUMN. Sebanyak 5.000 bibit pohon dibagikan cuma-cuma kepada para pengunjung.

Sementara itu terkait akselerasi transisi energi, MIND ID menargetkan 40,2 juta giga joule konsumsi EBT pada 2030. Target ini didasarkan pada baseline konsumsi EBT pada 2021 yang baru mencapai 33,5 juta giga joule dan akan meningkat sebesar 20 persen pada 2030 mendatang.

Pada 2060, diprediksi ada peningkatan konsumsi energi sebesar 57 persen atau sebesar 52,5 juta giga joule. Target ini sesuai dengan aspirasi pemerintah untuk mencapai akselerasi transisi energi dalam pengurangan emisi gas rumah kaca dan mendorong pencapaian nol emisi karbon atau net zero emission (NZE) di 2060.

Dalam beberapa tahun ke depan, MIND ID akan memformulasikan berbagai strategi berbasis prinsip-prinsip ramah lingkungan dan berbasis energi baru terbarukan. Hal ini dilakukan melalui implementasi efisiensi energi dalam kegiatan penambangan dan pengolahan hasil penambangan untuk mengurangi konsumsi energi dan biaya operasional.

MIND ID juga menggunakan teknologi hijau dalam proses pertambangan, seperti penambangan terbuka yang ramah lingkungan, menerapkan standar tinggi untuk mempromosikan konservasi energi dan pengurangan emisi, serta menerapkan sistem manajemen energi untuk mengoptimalkan konsumsi dan mengurangi emisi sebagai implementasi good mining practices.

Tak lupa, perusahaan juga memberi edukasi dan komunikasi kepada seluruh stakeholder dan masyarakat mengenai manfaat transisi energi, melakukan pengembangan infrastruktur untuk mendukung distribusi dan penyimpanan energi terbarukan, serta bekerja sama dengan pemasok energi dan stakeholder untuk mengembangkan proyek-proyek energi terbarukan.

Saat ini, MIND ID menggarap program eksisting di sektor pertambangan, yang meliputi peningkatan komposisi biofuel, elektrifikasi mining fleet, elektrifikasi alat transportasi pendukung, mengembangkan penggunaan energi terbarukan melalui pembangunan PLTS dan PLTA sebagai bagian dari upaya mendorong penggunaan energi bersih, mengoptimalkan sistem manajemen energi, serta melakukan digitalisasi pengelolaan energi dan emisi.

Untuk program inovasi, MIND ID telah membangun energi listrik tenaga surya atau fotovoltaik, membangun bisnis PLTB, dan mengembangkan ekosistem baterai sebagai sarana untuk menyimpan energi yang dihasilkan dari EBT.

Terkait konsumsi energi, Grup MIND ID diprediksi akan mengalami peningkatan dengan porsi terbesar dari sektor pemanfaatan energi listrik dari yang semula menggunakan sumber energi fosil diubah dengan cara memanfaatkan energi terbarukan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3198 seconds (0.1#10.140)