alexametrics

Rute Perdagangan Laut Tersibuk di Dunia

loading...
Rute Perdagangan Laut Tersibuk di Dunia
Rute Perdagangan Laut Tersibuk di Dunia. (Koran SINDO).
A+ A-
SEJAK zaman dulu hingga era modern saat ini jalur laut menjadi salah satu rute sangat penting bagi perdagangan antarnegara.

Meski dunia penerbangan juga sudah maju namun kapasitasnya yang besar membuat jalur laut tetap tak tergantikan oleh moda transportasi lain. Berikut 10 rute perdagangan laut paling sibuk di dunia.

Asia - Amerika Selatan
Rute ini adalah bagian dari Cape Route yang peran utamanya menghubungkan Eropa dengan pelabuhan Asia dan mengelilingi Afrika. Rute Asia-Amerika Selatan ini menghubungkan samudera Hindia dan Atlantik dimana d merupakan rute perdagangan laut berke paling sibuk

Amerika Utara - Amerika Selatan
Jalur Amerika Utara-Amerika Selatan menjadi rute Samudra Atlantik. Rute perdagangan ini merupakan salah satu rute laut tersibuk yang menghubungkan pelabuhan Selatan dan Amerika Utara



Selat Hormuz
Rute Selat Hormuz menghubungkan Teluk Persia dan Samudera Hindia (yaitu, Timur Tengah dan Asia), dan merupakan rute paling penting terkait transportasi penjualan minyak di dunia.

Selat Malaka
Mengingat jumlah minyak yang dikirimkan dengan kapal di jalur ini, rute Selat Malaka mungkin merupakan salah satu rute terpenting di dunia yang menghubungkan pelabuhan Samudera Pasifik dan Samudera Hindia.

Rute Atlantik Selatan
Rute Atlantik Selatan menghubungkan Hindia Barat, Brasil dan Argentina di satu sisi dan Eropa di sisi lain. Meskipun tidak dianggap sebagai salah satu rute utama, ini adalah salah satu rute perdagangan laut tersibuk di dunia

Rute Trans - Pasifik
Rute Trans-Pasifik menghubungkan pelabuhan Amerika Utara dan pantai Asia timur, dengan pelabuhan penting di Hawaii dan merupakan salah satu rute perdagangan laut tersibuk terbesar di dunia.

Cape Route
Meskipun saat ini sudah ada pembangunan Terusan Suez, namun rute ini sekarang masih menjadi rute perdagangan laut paling sibuk di dunia. Orientasi jalur pedagangan rute ini sekarang tidak hanya berorientasi ke Eropa, tetapi menghubungkan juga pesisir Afrika dan juga Amerika Selatan dan Asia

Rute Terusan Suez
Suez Canal Route (rute terusan Suez) adalah rute perdagangan laut yang menghubungkan Eropa Tengah dengan Samudera Hindia yaitu Asia. Pembangunannya membuat perjalanan dari Eropa ke Asia untuk sekitar 9.000 km lebih pendek sehingga tidak mengherankan bahwa ini adalah salah satu rute perdagangan laut tersibuk di dunia saat ini.

Rute Atlantik Utara
Rute Atlantik Utara menghubungkan pelabuhan penting Eropa dan Amerika Utara seperti New York, Boston, Philadelphia, Toronto, Montreal di satu sisi dan London, Lisbon, Copenhagen, Oslo, Antwerp di sisi lain. (Koran Sindo/Bobby Firmansyah)

halaman ke-1 dari 2
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak