Survei Bloomberg: Dinasti Politik Jokowi Jadi Kutukan bagi Perekonomian

Jum'at, 26 Januari 2024 - 18:44 WIB
loading...
Survei Bloomberg: Dinasti Politik Jokowi Jadi Kutukan bagi Perekonomian
Dinasti politik di bawah Presiden Jokowi tidak menjadi pertanda baik untuk pasar dan ekonomi. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Para ekonom memberikan nilai tertinggi untuk kandidat kuda hitam dalam pemilihan presiden (Pilpres) Indonesia 2024. Berdasarkan survei Bloomberg, para ekonom mendukung mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan untuk memimpin negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara ini.

Anies Baswedan, seorang pengkritik ulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapatkan nilai tertinggi 33 dari 17 ekonom dan analis pasar ketika ditanya siapa yang menurut mereka paling tepat untuk memimpin Indonesia. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berada di posisi kedua dengan nilai 29, sementara mantan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendapat nilai 28.

Indonesia kurang dari sebulan lagi akan mengadakan pemilihan presiden, ketika lebih dari 204 juta pemilih yang memenuhi syarat akan memilih seorang pemimpin yang akan mengawasi perekonomian yang bernilai lebih dari USD1 triliun. Kemungkinan akan menjadi musim pemilihan yang panjang jika tidak ada satu pun dari tiga kandidat yang mendapatkan setidaknya setengah dari suara, akan ada pemilihan ulang di bulan Juni.



Perekonomian diperkirakan akan tumbuh lebih cepat dari 5%, menurut survei. Presiden Jokowi telah gagal mencapai target 7% saat ia mengakhiri masa jabatan 5 tahun kedua dan terakhirnya. Survei Bloomberg dilakukan pada awal Januari, muncul ketika Anies Baswedan mulai mendapatkan dukungan dalam jajak pendapat utama di Indonesia setelah menempatkan Prabowo sebagai pemimpin.

Prabowo menggandeng putra Jokowi Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presidennya untuk periode ketiga kali memicu tuduhan bahwa ia sedang membangun sebuah dinasti. Keduanya berjanji untuk melanjutkan kebijakan-kebijakan Jokowi termasuk hilirisasi mineral dan pembangunan ibu kota baru senilai USD34 miliar.

Prabowo mengandalkan keinginan Indonesia untuk tetap berada di jalur yang telah membantu aset-aset negara ini mengungguli negara-negara berkembang lainnya. Obligasi Rupiah telah memberikan imbal hasil tahunan sebesar 5,5% bagi para investor yang berbasis dolar sejak Jokowi terpilih sebagai presiden di bulan Juli 2014, jauh lebih tinggi daripada utang di negara tetangga Filipina dan Malaysia, dan imbal hasil tahunan sebesar 0,5% untuk ukuran yang lebih luas untuk utang negara dalam mata uang lokal di negara-negara berkembang, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

Pada masa jabatan pertama Jokowi, Anies Baswedan menjadi menteri pendidikan namun diberhentikan dalam perombakan kabinet dua tahun kemudian. Dia kemudian mengincar, dan memenangkan, pemilihan gubernur Jakarta pada 2017, menggunakan kampanye yang memecah belah yang memanfaatkan reaksi Muslim terhadap petahana Tionghoa-Kristen yang juga merupakan sekutu Jokowi.

Sebagai bagian dari kampanye, Anies berjanji untuk mengenakan pajak bagi orang kaya dan menciptakan jutaan lapangan kerja ekonomi hijau. Dia juga menjadi salah satu kritikus Jokowi yang paling menonjol terhadap rencana presiden untuk membangun ibu kota baru senilai USD34 miliar di pulau Kalimantan, dengan mengatakan bahwa kebijakan seharusnya tidak didasarkan pada aspirasi pribadi. Dia juga mengkritik pemerintahan Jokowi karena tidak bertindak cepat untuk mengatasi Covid-19 dan mempertanyakan data kasus pada puncak pandemi.

Dinasti Politik
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1867 seconds (0.1#10.140)