Antisipasi Lebaran, Shell dan Total Diminta Ikut Buka Kios BBM

Sabtu, 26 Mei 2018 - 11:06 WIB
Antisipasi Lebaran, Shell dan Total Diminta Ikut Buka Kios BBM
Antisipasi Lebaran, Shell dan Total Diminta Ikut Buka Kios BBM
A A A
JAKARTA - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) meminta kepada Shell dan Total untuk membuka beberapa kios pom bensin untuk penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) di jalan-jalan tol. Hal ini untuk memenuhi ketersediaan BBM saat arus mudik.

Kepala BPH Migas Fanshurullah Asa mengatakan permintaan ini pun bersifat tidak wajib. Pihaknya menyerahkan kembali kepada badan usaha swasta itu sendiri untuk memutuskan.

"Di sini kami menghimbau kepada Pertamina, juga AKR, Shell, Total ini bisa membangun kios-kios ini sebarannya kalau perlu itu per 10 km (jalan tol) itu ada di 1 lokasi, soalnya Tol fungsional, pasti tidak ada SPBU. Nah di situ kita akan minta yang sifatnya Kios seperti kios Pertamax, Kios Kemasan," ujar Asa di Jakarta, Jumat (25/5/2018)

Dia pun menginginkan agar kios BBM tersebut nantinya ditempatkan pada beberapa tempat yang ramai. Hal itu sematara agar dapat memenuhi kebutuhan BBM para pemudik tahun ini yang diperkirakan akan melonjak.

"Jangan hanya terpusat di Pemalang-Semarang misalnya. Kita minta ini betul-betul didistribusikan, termasuk juga ada wilayah pantai selatan itu banyak masih belum ada SPBU nya, tempat tempat wisata dan polisi bahkan menawarkan dimana ada tempat-tempat kantor polisi untuk lokasi kiosnya Pertamina dan badan usaha swasta," terang dia.

Sambung Fanshurullah menjelaskan, ada sejumlah tol fungsional yang siap dioperasikan pemerintah saat mudik nanti. Atas dasar itu, keberadaan kios BBM dinilai penting bagi pemudik. "Nah ini adalah tol fungsional, pasti tidak ada SPBU. Nah di situ kita akan minta yang sifatnya kios-kios tadi, seperti kios pertamax, kios kemasan," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0810 seconds (0.1#10.140)