KoinWorks Gandeng Chickin Sediakan Akses Modal bagi Peternak Ayam

Senin, 29 Januari 2024 - 21:52 WIB
loading...
KoinWorks Gandeng Chickin Sediakan Akses Modal bagi Peternak Ayam
KoinWorks bersama Chickin memperkuat kemitraan menyediakan fasilitas pembiayaan bagi peternak ayam. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - KoinWorks bersama Chickin Indonesia, perusahaan agritech memperkuat kemitraan untuk menyediakan fasilitas pembiayaan bagi para peternak ayam . Kolaborasi tersebut untuk peternak ayam memperoleh akses permodalan melalui program Partner Eksklusif Ternak Ayam Produktif (Petruk).

"Hal ini menjadi strategi inovatif yang sejalan dengan fokus kami untuk mendukung usaha sektor agribisnis, khususnya pada peternakan, sekaligus menciptakan pertumbuhan berkelanjutan," ujar CEO dan Co-Founder KoinWorks Benedicto Haryono, Senin (29/1/2024).



Dia mengatakan industri peternakan di Indonesia merupakan salah satu pilar ketahanan pangan dengan pertumbuhan yang menjanjikan. Pada 2022, industri peternakan telah berkontribusi 1,58 persen dari total Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Namun, akses keuangan bagi para peternak seringkali menemui hambatan karena berbagai risiko yang dimiliki.

Adapun layanan yang disediakan di antaranya inventory financing, dan invoice financing. Kedua layanan ini memungkinkan pedagang ayam mendapatkan kualitas supply yang lebih terjamin, dan lebih mudah dalam distribusi ke pelanggan seperti restoran dan pelaku pengolahan pangan.

Melalui pembiayaan rantai pasok (SCF) pada program Petruk, KoinWorks telah memfasilitasi pembiayaan kepada 42 grup peternak di pulau Jawa hingga Desember 2023. Total pendanaan yang disalurkan lebih dari Rp200 miliar, dengan pertumbuhan lebih dari 300% dibandingkan tahun sebelumnya.



Sementara, President dan Founder Chickin Indonesia Ashab Alkahfi mengatakan program tersebut untuk membantu peternak dengan menghubungkan secara langsung kepada institusi finansial. Kerja sama dengan KoinWorks ini memungkinkan peternak mendapatkan modal sampai Rp2 miliar. "Kemitraan ini berjalan dengan lancar dan berhasil menggandakan circular impact terhadap socio economic peternak," jelasnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1830 seconds (0.1#10.140)