15 Tren Muslim Zaman Now (2)

Minggu, 03 Juni 2018 - 08:11 WIB
15 Tren Muslim Zaman Now (2)
15 Tren Muslim Zaman Now (2)
A A A
MENYAMBUT Ramadhan tahun ini saya dan tim riset Inventure melakukan riset dan menuangkannya di dalam sebuah ebook yang kami beri judul: Muslim Zaman Now: The 15 Trends for Ramadhan (ebook tersedia di: bit.ly/ muslimzamannow).

Pasar muslim di Indonesia berkembang begitu pesat seperti sudah saya tuangkan dalam dua buku saya Marketing to the Middle-Class Muslim (2014) dan #GenM (2017). Persis seperti diprediksi dua buku tersebut, pasar muslim kini kian menjadi mainstream market di Indonesia karena 88% penduduk kita adalah muslim dan perilaku kaum muslim zaman now(muslim milenial) berkembang begitu cepat dan dinamis.

Untuk menangkap perkembangan pesat perilaku muslim zaman now, saya menuangkannya dalam 15 tren perilaku konsumen muslim yang begitu hot tersebut. Berikut adalah tren 6-10, menyambung tren-tren yang sudah dibahas di kolom minggu lalu.

#6. Saleh-Smart Kids: The New Paradigm of Parenting
Di kalangan mamah-mamah muda muslim zaman nowkini muncul pergeseran mindsetdan perilaku di mana mereka lebih memilih dan menyukai pendidikan berbasis Islam. Mereka tak hanya menginginkan anak-anak mereka pintar di bidang matematika, fisika, atau mahir berbahasa Inggris, tapi juga ingin anaknya memiliki nilai-nilai dan karakter Islam yang mulia.

Fenomena yang lagi happeningsaat ini adalah kemunculan SD Islam Terpadu (SD-IT) yang justru lebih diminati dibanding SD biasa. Di berbagai kota besar/menengah di Tanah Air kini banyak bermunculan sekolah-sekolah (TK-SD-SMPSMA) berkelas global yang menggabungkan sains dengan pendidikan karakter Islam. Sekolah-sekolah ini sangat diminati oleh orang tua muslim walaupun biayanya selangit.

#7. Lei-Sharia: Muslim- Friendly Leisure
Muslim zaman nowadalah juga experience-seekeryang hobi banget melakukan kegiatan leisure. Saat ber-leisureria, mereka menginginkan destinasi wisata atau tempat berkuliner yang bersahabat alias halalfriendlydan sharia-friendly. Inilah yang saya sebut: ”Lei Sharia”.

Karena itu, kini mulai banyak bermunculan destinasi- destinasi wisata yang menerapkan prinsip shariafriendly. Banyuwangi misalnya mulai memperkenalkan wisata pantai syariah. Kolam renang hotel syariah kini mulai tidak lagi mencampur antara tamu pria dan wanita.

Di sisi lain, mulai banyak bermunculan beragam aplikasi yang memudahkan muslim travellersdalam melakukan halal trip. Kontennya mulai dari destinasi halal, tempat makan halal, hotel dan penginapan syariah, fasilitas ibadah, hingga panduan doa.

#8. Mipster: The New Role Model
Fenomena muslim zaman nowtelah menghadirkan sosok rolemodel baru, yang muda, pintar, gaul, saleh/salehah, dan bahkan terkenal. Sosok muslim kekinian ini sering disebut ”Mipster” atau Muslim Hipster. Mereka adalah sosok muslim zaman nowyang memiliki mindsetglobal, toleran, inklusif, digital-savvy, tapi juga tetap saleh dan religius. So, seimbang antara ”faith” dan ”fun” (2F). Di Indonesia, sosok seperti ini begitu diidolakan oleh muslim zaman now.

Sebut saja Muzammil Hasballah, sosok muda lulusan ITB yang suaranya sangat merdu melafalkan ayat-ayat Alquran dengan penampilan yang sangat stylish. Di kalangan muslimah juga sangat populer sosok-sosok hijabers yang menjadi seleb di media sosial seperti @dwihandaanda, @megaiskanti, @bellattamimi, atau hijabers dari Korea yang viral, @xolovelyayana.

#9. Sportyjab: The New Hype
Gaya hidup sehat kini semakin menjadi pilihan bagi muslim zaman now. Berolahraga sambil narsis telah menjadi ”kewajiban”. Bagi muslimah zaman now, menjalankan syariat Islam seperti memakai hijab tak serta-merta membatasi aktivitas berolahraga dan aktivitas produktif lainnya.

Mereka tetap jogging, nge-gym, zumba, atau berenang mengenakan hijab yang sporty. Yup, sehat dapat, syar’i pun dapat. Melihat tren ini, Nike sampai mengembangkan lini brand baru untuk hijabers: Pro Hijab. Produk tersebut diperuntukkan bagi hijabers yang aktif berolahraga, tapi tetap ingin stylishdengan hijabnya. Tak hanya Nike, brand lokal seperti Specs dan Sporte justru sudah lebih dulu mengeluarkan lini produk yang sama. Sportyjab... the new hype!

#10. Muslizen: The New Digital Lifestyle
Perkembangan dunia digital telah mengubah perilaku dan gaya hidup muslim zaman now. Sebagai segmen yang digital savvy, muslim zaman now tidak bisa lepas dari gaya hidup digital. Hidup mereka sudah tergantung kepada media sosial, Apps, wearable device, dan sejenisnya.

Aktivitas kehidupan seharihari mereka pun mulai beralih ke digital. Mulai dari mencari informasi melalui media-media digital, belanja melalui ecommerce, aktivitas finansial denganfintech, travelling, hingga ta’arufsecara online.

Hal ini membuat munculnya banyak startupdigital yang spesifik membidik muslim milenial seperti: HalalTrip (berlibur), Muslimarket (belanja), IndVes (berinvestasi), Kitabisa.com (sedekah), Minder (ta’aruf), dan sebagainya. Tunggu lima tren berikutnya di kolom minggu depan. Dan, ebook 15 Tren Muslim Zaman Now bisa diunduh di: bit.ly/muslimzamannow.

YUSWOHADY
Managing Partner Inventure www.yuswohady.com
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6404 seconds (0.1#10.140)