Tabungan Crazy Rich di Atas Rp5 Miliar Terus Turun, Begini Kata Pengamat

Jum'at, 02 Februari 2024 - 15:32 WIB
loading...
Tabungan Crazy Rich di Atas Rp5 Miliar Terus Turun, Begini Kata Pengamat
Tren simpanan nasabah di atas Rp5 miliar terus turun sejak akhir tahun 2023. Direktur Center of Eco­nomic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira ungkap, ada beberapa faktor penyebabnya. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sebelumnya mengungkapkan bahwa tren simpanan nasabah di atas Rp5 miliar terus turun sejak akhir tahun 2023. Direktur Center of Eco­nomic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira mengatakan, ada beberapa faktor turunnya simpanan nasabah crazy rich tersebut.

“Pertama, orang kaya cenderung mengurangi penempatan dana di tabungan dan menggeser ke surat utang pemerintah karena imbal hasil yang lebih tinggi,” kata Bhima kepada MNC Portal, Jumat (2/2/2024).



Bhima menambahkan, yang kedua adalah faktor pemilu yang membuat orang kaya lebih mencari aset yang aman, misalnya menempatkan di emas sebagai safe haven karena terlihat dari harga emas naik 11,4% selama satu tahun terakhir.

“Ketiga, kalaupun menabung orang kaya lebih tertarik menabung valas di bank luar negeri terutama Singapura,” ujar Bhima.



Adapun suku bunga tabungan valas dollar AS di singapura mencapai 4,6-5%. “Kemudian yang keempat, bonanza harga komoditas yang berakhir berimbas pada pendapatan pelaku usaha di sektor pertambangan dan perkebunan, jadi tabungannya menurun,” pungkas Bhima.

Perlu diketahui, LPS mempertahankan Tingkat Bunga Penjaminan (TBP) simpanan Rupiah di bank umum dan BPR masing-masing sebesar 4,25% pada Bank Umum dan 6,75% pada Bank Perekonomian Rakyat (BPR).

Kemudian untuk TBP simpanan valuta asing (valas) pada bank umum sebesar 2,25%. Selanjutnya TBP tersebut akan berlaku efektif sejak periode 1 Februari 2024 sampai dengan 31 Mei 2024.

Sebagai informasi berdasarkan data per Desember 2023, jumlah rekening nasabah bank umum yang dijamin seluruh simpanannya (simpanan sampai dengan Rp2 miliar) sebesar 99,94% dari total rekening atau setara dengan 559,561 juta rekening.

Sedangkan pada BPR/BPRS, jumlah rekening yang dijamin seluruh simpanannya (simpanan hingga Rp2 miliar) sebesar 99,98% dari total rekening atau setara dengan 15,56 juta rekening.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1578 seconds (0.1#10.140)