Ahok Mundur dari Posisi Komut, Begini Respons Pertamina

Jum'at, 02 Februari 2024 - 20:13 WIB
loading...
Ahok Mundur dari Posisi Komut, Begini Respons Pertamina
Menanggapi keputusan mundurnya Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dari posisi Komisaris Utama atau Komut, begini respons Pertamina. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fadjar Djoko Santoso, membenarkan soal mundurnya Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dari posisi Komisaris Utama atau Komut Pertamina . Ia pun membenarkan, pihaknya menerima keputusan kemunduran Ahok.

"Benar beliau mengajukan pengunduran diri,” ujarnya ketika dikonfirmasi, Jumat (2/2/2024).



Lebih lanjut Fadjar menambahkan, untuk pengganti Ahok akan ditetapkan oleh Kementerian BUMN selaku pemegang saham mayoritas. “Kewenangan pengangkatan atau pemberhentian Dewan Komisaris ada di Kementerian BUMN,” imbuh Fadjar.

Seperti diberitakan sebelumnya, Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab disapa Ahok mengumumkan pengunduran dirinya sebagai Komisaris Utama Pertamina. Keputusan tersebut diungkapkannya melalui instagram prbadinya @basukibtp.



Dalam unggahan tersebut, Ahok menunjukkan foto dirinya beserta surat pengunduran dirinya yang ditujukan kepada Menteri BUMN Erick Thohir selaku pemegang saham Holding BUMN Minyak dan gas (Migas) tersebut.

"Melalui Surat Pengantar ini, kami mohon perkenan Bapak untuk menerima surat dari Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) tertanggal 1 Februsmari 2024," demikian bunyi dokumen tanda terima Surat Pengunduran Diri Ahok yang telah diserahkannya hari ini.

Dalam unggahan itu, Ahok juga menyertakan memorandum yang ditujukannya kepada Sekretaris Dewan Komisaris.

"Sekretaris Dewan Komisaris agar mengirimkan Pengunduran Diri dan Laporan Pertanggungjawaban sebagai Komisasi Utama PT Pertamina (Persero) kepada Menteri BUMN ditembuskan ke Presiden Republik Indonesia, Dewan Komisaris dan Direktur Utama PT Pertamna (Persero)," demikian tertulis dalam Memorandum tersebut.

Ahok menyatakan bahwa alasannya mundur lantaran untuk fokus memangkan pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Nomor Urut 03 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

"Dengan ini, saya menyatakan mendukung serta akan ikut mengkampanyekan pasangan calon presiden Ganjar Ranowo dan Mahfud Md. Hal ini agar tidak ada lagi kebingunan terkait arah politik saya," tegas Ahok dalam keterangan unggahan tersebut.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0998 seconds (0.1#10.140)