Geser Posisi Orang Terkaya Dunia, Ini Perbandingan Kekayaan Bernard Arnault vs Elon Musk

Senin, 05 Februari 2024 - 13:15 WIB
loading...
Geser Posisi Orang Terkaya Dunia, Ini Perbandingan Kekayaan Bernard Arnault vs Elon Musk
Elon Musk vs Bernard Arnault, dua orang terkaya sedunia. FOTO/Dok.
A A A
JAKARTA - Peringkat orang terkaya di dunia berhasil direbut oleh Bernard Arnault, yang sebelumnya berada dalam genggaman Elon Musk. Perubahan ini kemungkinan disebabkan oleh gejala divergensi kerajaan bisnis dan pergerakan pasar yang cepat.

Selama beberapa tahun ke belakang sosok Elon Musk dan Bernard Arnault selalu bersaing dalam memuncaki daftar orang terkaya di dunia.



Namun perubahan peringkat orang terkaya di dunia yang dirilis Forbes pada tahun 2023 ini cukup mengejutkan. Mengingat dua tahun sebelumnya Elon Musk selalu memuncaki peringkat ini.

Perbandingan Harta Dua Orang Terkaya di Dunia

1. Kekayaan Bernard Arnault

Bernard Arnault merupakan CEO perusahaan barang mwah global LVMH. Konglomerat asal Prancis itu merupakan pemilik dari sekitar 60 merek terkenal, mulai dari Louis Vuitton, Tiffany, Tag Heuer, Marc Jacobs, Givenchy, Celine, hingga Dom Perignon.

Kekayaan bersih Arnault kini mencapai USD207,6 miliar atau sekitar Rp3,25 kuadriliun (kurs Rp15.695). Menurut Euro News, Arnault mengalami peningkatan kekayaan yang luar biasa minggu lalu, dengan kekayaan bersihnya meningkat sebesar USD22,7 miliar hanya dalam satu hari.

Hal tersebut didukung oleh lonjakan dari seluruh jalur bisnis yang ditanganinya, seperti Louis Vuitton, Christian Dior, Fendi, dan Tiffany & Co. Lonjakan tersebut mencapai 86,2 miliar euro atau Rp1,4 kuadriliun yang mengesankan dalam waktu setahun penuh.

Angka ini menunjukkan peningkatan substansial sebesar 13% dibandingkan kekayaannya di tahun 2022 lalu. Angka tersebut juga jauh melampaui hasil yang diperkirakan oleh para analis.

Pertumbuhan pendapatan paling besar dalam grup LVMH terlihat pada sektor ritel selektifnya, yang mengalami peningkatan luar biasa sebesar 25% dari tahun sebelumnya. Laba kotor LVMH meningkat 9,4%, dan laba bersih naik naik menjadi 8% dibandingkan tahun 2022.

2. Kekayaan Elon Musk

Sedangkan Elon Musk memiliki kekayaan senilai USD204,7 miliar atau sekitar Rp3,21 kuadriliun. Meski tergolong besar, kekayaan ini justru anjlok sebesar USD18 miliar atau Rp282 triliun yang menandai penurunan kekayaan sebesar 8,1% dari tahun sebelumnya.

Tesla milik Elon Musk dilaporkan mengalami peningkatan pendapatan sebesar 3,5% pada kuartal keempat tahun 2023, mencapai USD25,2 miliar. Pendapatan tahunan mereka juga meningkat sebesar 15 % dari tahun 2022.



Meski laba bersih Tesla melonjak menjadi USD7,93 miliar, menandai peningkatan substansial sebesar 115%, laba kotor perusahaan automotif Elon Musk ini justru anjlok sebesar 15,3% menjadi USD17,66 miliar.

Menurut nilai saham yang dirilis Forbes, saham Tesla turun 12%, berkontribusi pada turunnya Elon Musk ke posisi kedua di antara orang-orang terkaya di dunia.

Itulah perbandingan kekayaan antara dua orang terkaya di dunia saat ini. Secara nilai perusahaan, Bernard Arnault memang lebih diuntungkan di tahun 2023, terlebih setelah peningkatan kekayaan yang luar biasanya dalam waktu satu hari.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1942 seconds (0.1#10.140)