5 Komoditas Kelautan RI Ini Punya Peluang Cuan Besar, Apa Saja?

Senin, 05 Februari 2024 - 14:31 WIB
loading...
5 Komoditas Kelautan RI Ini Punya Peluang Cuan Besar, Apa Saja?
Punya potensi yang cukup besar untuk mendulang cuan bagi negara dan investor. Menteri KKP mengungkapkan, setidaknya ada 5 komoditas kelautan di Indonesia yang punya potensi besar untuk diolah ke depannya. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono mengungkapkan, kelayakan laut Indonesia punya potensi yang cukup besar untuk mendulang cuan bagi negara dan investor. Namun hingga saat ini memang belum banyak pelaku usaha yang mengolahnya.



Trenggono menjelaskan, peran investor sangat dibutuhkan dalam mengola kekayaan laut di Indonesia. Setidaknya ada 5 komoditas kelautan di Indonesia yang punya potensi besar untuk diolah kedepannya. Seperti udang, rumput laut, ikan tilapa, kepiting, dan lobster.

"Jadi tidak hanya soal ikan, ikan tidak selesai, karena berbagai macam jenis, setidaknya ada 5 yang kita ingin kita dikuasai untuk menjadi champion," ujar Trenggono dalam acara Indonesia Marine and Fisher Bussines Forum 2024 di Jakarta, Senin (5/2/2024).



Lebih lanjut, Trenggono memaparkan, nilai pasar untuk komoditas udang di Indonesia sendiri pada tahun 2023 sebesar USD60,4 miliar, kemudian rumput laut memiliki potensi pasar sebesar USD16,7 miliar, nilai pasar ikan tilapia sebesar USD13,9 miliar.

Selain itu, potensi pasar untuk komoditas kepiting di Indonesia pada tahun 2023 sebesar USD879 miliar, dan Lobster sebesar USD7,2 miliar. "Konsumsi ikan dalam negeri mencapai 13 juta ton setiap tahunnya dari segala jenis, saya kita bahkan kita masih impor seperti salmon, karena kebutuhan ikan kita juga cukup besar," sambung Trenggono.

Pada kesempatan tersebut, Trenggono juga sekaligus mengajak para investor untuk menggarap potensi kelautan yang ada di Indonesia. Melihat potensi pasar yang cukup besar ditengah masyarakat Indonesia, maupun memenuhi ekspor.

"Saya mengundang yang mulia duta besar negara sahabat dan para investor untuk berinvestasi di sektor kelautan dan perikanan Indonesia," kata Trenggono.

"Pemerintah indonesia berkomitmen memberikan kemudahan perizinan, insentif, keamanan dan kestabilan iklim politik, konektivitas dan sumber daya manusia terampil sebagai tenaga kerja," tutupnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0972 seconds (0.1#10.140)