Pertamina Salurkan Rp141 Miliar ke 5.116 Mitra Binaan UMKM

Selasa, 06 Februari 2024 - 23:16 WIB
loading...
Pertamina Salurkan Rp141 Miliar ke 5.116 Mitra Binaan UMKM
Pertamina melaporkan hasil kredit bergulir mitra binaan UMKM melalui program PUMK sepanjang tahun lalu. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) melalui program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) telah menyalurkan kredit bergulir hingga Rp141,9 miliar kepada 5.116 mitra binaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sepanjang 2023.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan, dana PUMK, yang disalurkan kepada UMKM di seluruh Indonesia itu berasal dari berbagai sektor mulai perdagangan, kerajinan tangan, pertanian, industri rumahan, hingga jasa.



Penyaluran tertinggi dana PUMK diberikan kepada 950 UMKM di Jawa Tengah sebesar Rp 27,7 miliar, disusul Jawa Barat Rp20,1 miliar, dan Jawa Timur Rp16,4 miliar. Kemudian, Sulawesi Selatan Rp13,8 miliar, Bali Rp12,1 miliar, DKI Jakarta Rp7,8 miliar, dan Kalimantan Barat Rp6,9 miliar.

"Penyaluran ini merupakan komitmen Pertamina mendorong pelaku UMKM terus maju dan berkembang sehingga bisa berkontribusi dalam membuka lapangan kerja dan pemulihan ekonomi nasional. Bahkan, sebagian UMKM binaan Pertamina juga mampu berekspansi ke pasar mancanegara, sehingga ikut mengharumkan nama bangsa," ujar dia, di Jakarta, Selasa (6/2/2024).

Fadjar mengatakan pelaku UMKM merupakan tulang punggung penggerak ekonomi. Pelaku UMKM terbukti tahan banting dalam menghadapi berbagai situasi di Indonesia, seperti krisis moneter hingga pandemi Covid-19.

Dalam penyaluran dana PUMK, Pertamina bekerja sama dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, sebagai bank BUMN yang telah berpengalaman melakukan penyaluran program kredit usaha rakyat sebagaimana rekomendasi Kementerian BUMN.

"Dana PUMK ini sifatnya kredit lunak, mudah diakses oleh pelaku UMKM, dan sifatnya harus berputar atau revolving, sehingga manfaatnya akan semakin banyak dirasakan bagi UMKM. Harapannya dengan suntikan modal, usaha UMKM bisa semakin berkembang," kata Fadjar.



Samson, salah satu penerima manfaat dana UMKM mengungkapkan, bergabung menjadi mitra binaan Pertamina sangat membantu dalam mengembangkan usaha kuliner soto betawi yang dimilikinya. Samson, yang sudah berdagang lebih dari 1,5 tahun di Stasiun KA Cikini, Jakarta itu, berharap kelak dapat mempunyai toko sendiri di lokasi yang lebih strategis supaya pelanggan lebih banyak.

"Setelah menjadi mitra Pertamina, usaha saya bisa berkembang. Saya bisa mendapatkan pelatihan dan juga bertukar pengalaman dari sesama UMKM yang sudah lebih sukses. Tentu, sangat bermanfaat untuk memotivasi saya supaya bisa lebih maju lagi," kata dia.

Fadjar menambahkan, selain pendanaan, Pertamina juga telah menjalankan berbagai program pembinaan yang dilaksanakan secara komprehensif dan terintegrasi mulai dari pembinaan level regional, nasional, hingga internasional.

Kegiatan pembinaan UMK yang dijalankan meliputi pameran, pelatihan dan workshop. Selain itu, pelatihan e-learning, short course, pendampingan dan coaching, marketplace online, sertifikasi, business matching, dan bentuk pembinaan lainnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1047 seconds (0.1#10.140)