Pentingnya Asuransi Gadget Saat Garansi Pabrik Tidak Jamin 100 Persen

Jum'at, 16 Februari 2024 - 08:41 WIB
loading...
Pentingnya Asuransi Gadget Saat Garansi Pabrik Tidak Jamin 100 Persen
Mengganti gadget dan perangkat elektronik yang rusak atau hilang dicuri tentu merepotkan. Makanya, penting memiliki asuransi yang melindungi keamanan gadget dan perangkat elektronik. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Gadget dan perangkat elektronik menjadi bagian tidak terpisahkan dari gaya hidup sehari-hari. Kecanggihan teknologi telah mengubah cara berkomunikasi, bekerja, belajar, serta mencari hiburan. Baik melalui smartphone, tablet, laptop, kamera, komputer, dan televisi.

Melalui gadget, konektivitas dan komunikasi semakin mudah terhubung dengan orang lain di semua aktivitas bisnis sehari-hari terutama terkait generasi usia produktif. Juga menyediakan akses mudah ke berbagai sumber informasi, memungkinkan untuk melakukan riset, berkolaborasi dengan rekan kerja, serta mengelola proyek dengan lebih efisien.



Bahkan, kepemilikan gadget dan perangkat elektronik menjadi sebuah gaya hidup dan status sosial. Tidak heran jika masyarakat menengah atas membeli gadget seharga puluhan juta rupiah.

"Keberadaan gadget menjadi salah satu kebutuhan primer bagi masyarakat masa kini. Meski begitu, kita harus memanfaatkan gadget dengan baik dan bijak," kata Direktur Marketing Great Eastern General Insurance Indonesia (GEGI) Linggawati Tok.

Artinya, gadget dan perangkat elektronik termasuk barang berharga yang harus dilindungi keamanannya. Mengganti gadget dan perangkat elektronik yang rusak atau hilang dicuri tentu merepotkan. Biaya perbaikan dan penggantian menjadi pengeluaran tak terduga dari kantong dompet yang dapat mengganggu arus keuangan pribadi.



Makanya, penting memiliki asuransi yang melindungi keamanan gadget dan perangkat elektronik. Asuransi Gadget (Moveable All Risk) dari GEGI menjamin risiko kerugian atau kerusakan yang terjadi pada barang-barang elektonik yang disebabkan oleh kecelakaan yang terjadi secara tiba-tiba dan tidak disengaja.

"Yang harus diingat, garansi pabrik tidak menjamin gadget dan perangkat elektronik aman 100 persen. Sebab, hanya unit yang mengalami kerusakan karena cacat dari pabrik yang dijamin dalam garansi pabrik. Perbedaan dengan jaminan asuransi seperti kerusakan akibat terjatuh, terbentur, terlindas, jatuh ke air, terbakar, dan meledak akan dijamin oleh asuransi. Ada juga jaminan atas kerusakan akibat bencana alam seperti banjir, gempa bumi, letusan gunung berapi, dan tsunami. Bahkan jika hilang karena pencurian dengan kekerasan termasuk dalam jaminan," terang Linggawati Tok.

Hanya saja, jika kerusakan secara langsung atau tidak langsung yang menurunkan kualitas fungsi akibat penggunaan tentu tidak termasuk. Kerusakan yang berasal dari kesalahan disengaja dari tertanggung agar mendapat penggantian tentu juga dikecualikan dalam asuransi.

Premi Insurance Gadget GEGI terjangkau mulai dari Rp50 ribu. Terdapat dua pilihan periode pertanggungan, yaitu 6 (enam) dan 12 (dua belas) bulan sejak pembelian Gadget. Proses pembelian produk asuransi GEGI bisa dilakukan melalui toko elektronik/gadget rekanan yang telah berkerjasama dengan GEGI.

“Jaminan lengkap mulai dari kerusakan tidak terduga sampai dengan pencurian dengan kekerasan dan paksaan. Karena nilainya yang cukup mahal, maka sangat penting untuk mengasuransikan gadget dan barang elektronik demi mengurangi dampak kerugian finansial,” pungkas Linggawati Tok.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1151 seconds (0.1#10.140)