Indonesia Resmi Jadi Anggota OECD, Negara Pertama di ASEAN

Rabu, 21 Februari 2024 - 19:22 WIB
loading...
Indonesia Resmi Jadi Anggota OECD, Negara Pertama di ASEAN
Indonesia resmi menjadi anggota Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi atau OECD. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Indonesia resmi menjadi anggota Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi atau Organisation for Economic Co-operation and Development ( OECD ). RI menjadi negara ASEAN pertama yang diterima menjadi anggota OECD.

"Saya laporkan ke Presiden. Tadi malam bahwa keanggotaan Indonesia di OECD sudah diterima," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (21/4/2024).



Airlangga mengatakan masuknya Indonesia menjadi OECD menjadi momen bersejarah. "Jadi ini merupakan momen bersejarah Indonesia menjadi negara ASEAN pertama yang diterima daripada OECD dan kedua negara Asia ketiga setelah Jepang dan Korea," kata dia.

Airlangga mengatakan sejumlah negara siap mendukung Indonesia menjadi OECD seperti Australia dan Jepang. Lebih lanjut, Presiden Jokowi memerintahkan untuk membuat peta jalan program Indonesia menjadi keanggotaan OECD.



"Roadmap ini untuk keanggotaan OECD. Berbagai prosses diperlukan terutama di regulasi undang-undang. Namun kita confident karena dalam perjanjian perdagangan hampir semua kita bisa," jelasnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1007 seconds (0.1#10.140)