Blok Rokan, Momentum Pertamina Jadi Produsen Migas Terbesar

Selasa, 31 Juli 2018 - 14:36 WIB
Blok Rokan, Momentum Pertamina Jadi Produsen Migas Terbesar
Blok Rokan, Momentum Pertamina Jadi Produsen Migas Terbesar
A A A
JAKARTA - Berakhirnya PSC Chevron di Blok Rokan pada tahun 2021 dinilai dapat menjadi momentum pengembalian kedaulatan energi nasional melalui PT Pertamina (Persero). Pengamat Energi dari Institute for Development of Economics & Finance (INDEF) Abra Talattov mengatakan, Blok Rokan merupakan aset yang strategis dengan produksi minyak sekitar 122 ribu barel per hari (bph).

Blok Rokan juga terdiri dari 76 lapangan migas aktif. "Paling utama adalah Lapangan Duri dengan produksi 54 ribu bph. Itu berkontribusi terhadap 44% produksi Blok Rokan,” ujarnya di Jakarta, Selasa (31/7/2018).

Abra mengungkapkan, Pertamina akan menjadi produsen migas terbesar di negeri sendiri dengan pangsa sekitar 70% terhadap produksi nasional bila dapat mengambil alih pengelolaan Blok Rokan. “Saat ini Pertamina berada di posisi ketiga dalam hal produksi migas nasional yaitu rata-rata sebesar 76 ribu bph, jauh di bawah Chevron 212 ribu bph,” katanya.

Karena itu, lanjut dia, tidak ada alasan bagi pemerintah selain menyerahkan Blok Rokan ke tangan Pertamina sebagai wujud pengelolaan energi yang lebih berdaulat. “Blok Rokan ini sangat strategis, kita harus perjuangkan agar bisa kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi,” pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5310 seconds (0.1#10.140)