Danamon Komitmen Perkuat Industri Otomotif dari Hulu Ke Hilir

Senin, 26 Februari 2024 - 09:59 WIB
loading...
Danamon Komitmen Perkuat Industri Otomotif dari Hulu Ke Hilir
Andrew Suhandinata, Transaction Banking Head PT Bank Danamon Indonesia Tbk pada Press Conference Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di JIExpo Kemayoran, Hall D, Jakarta Pusat, Kamis (15/2/2024). Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Bank Danamon Indonesia Tbk., menegaskan komitmen memperkuat industri otomotif nasional dengan menyediakan solusi finansial komprehensif bagi setiap bagian dari mata rantai industri otomotif, dari hulu hingga ke hilir. Dukungan finansial sangat diperlukan untuk membangun sektor otomotif Indonesia dari produksi hingga distribusi.

“Danamon menyadari bahwa kebutuhan nasabah dalam hal otomotif tidak hanya terbatas pada end user. Ada banyak nasabah yang merupakan pemilik usaha seperti pemilik bengkel, toko after market, dan lain-lain," kata Transaction Banking Head PT Bank Danamon Indonesia Tbk., Andrew Suhandinata, Jumat (23/2).



Danamon, lanjutnya juga ingin menegaskan komitmen terhadap nasabah korporasi, termasuk SME dan Enterprise Banking dan hadir sebagai one stop financial solution provider.

"Kemitraan jangka panjang merupakan komitmen kami untuk memperkuat industri otomotif nasional dengan menyediakan solusi finansial komprehensif bagi setiap bagian dari mata rantai industri otomotif, dari hulu hingga ke hilir," ujarnya.



Komitmen ini, tambah Andrew, ditopang aset konsolidasi mencapai Rp221 triliun per akhir 2023, yang menunjukkan kapabilitas finansial solid untuk mendukung sektor otomotif Indonesia dari produksi hingga distribusi.

Pada tahun 2023, Danamon mencatatkan pertumbuhan yang signifikan dalam penyaluran kredit, dengan total kredit dan Trade and Finance meningkat sebesar 19% Year-on-Year (YoY) menjadi Rp174,9 triliun.

"Peningkatan ini didorong oleh portofolio kredit dari segmen Enterprise Banking & Financial Institution yang tumbuh 15% YoY mencapai Rp78,8 triliun," imbuhnya.

Sinergi antara Danamon dengan Adira Finance sebagai anak perusahaan, telah menghasilkan peningkatan dalam penyaluran kredit dan pembiayaan otomotif baik ritel maupun korporasi sepanjang tahun 2023. Nilai pembiayaan kendaraan yang dilakukan oleh Adira Finance bagi nasabah bisnis Danamon (fleet financing) telah tumbuh sebesar 85% YoY dengan pertumbuhan nasabah mencapai 22% YoY.

Selain itu jelas dia, Danamon telah menyalurkan, kredit modal kerja bagi para dealer mitra Adira Finance di tahun 2023 dengan peningkatan nilai pinjaman sebesar 103% YoY dengan penambahan dealer yang sebesar 105% YoY. Hal ini menunjukkan sinergi yang dilakukan Danamon dengan Adira Finance berperan dalam meningkatkan basis nasabah dan ekspansi bisnis kedua perusahaan.

"Ini merupakan kekuatan yang membedakan untuk tumbuh sebagai Financial Group dan hal ini akan terus ditingkatkan ke depannya," tukasnya.

Diketahui PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon), bersama PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (Adira Finance) dan MUFG Bank Ltd. (MUFG), kembali menghadirkan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1328 seconds (0.1#10.140)