Bangun Kemandirian Energi, Jokowi Geber Hilirisasi

Jum'at, 14 Agustus 2020 - 11:52 WIB
loading...
Bangun Kemandirian Energi, Jokowi Geber Hilirisasi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah terus melakukan upaya membangun kemandirian energi. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah terus melakukan upaya membangun kemandirian energi. Dia menyebutkan bahwa tahun 2019, Indonesia sudah berhasil memproduksi dan menggunakan B20.

"Tahun ini kita mulai dengan B30. Sehingga kita mampu menekan nilai impor minyak kita di tahun 2019,” katanya dalam sidang tahunan di Gedung MPR/DPR/DPD, Kamis (14/8/2020).

Selain itu Jokowi juga mengungkapkan bahwa Pertamina bekerja sama dengan para peneliti telah berhasil menciptakan katalis untuk pembuatan D100, dimana D100 adalah bahan bakar diesel yang 100% dibuat dari minyak kelapa sawit. (Baca juga: Permudah Akses Masyarakat, Pertamina Siapkan 4.308 Pertashop )

“Ini sedang uji produksi di dua kilang kita. Ini akan menyerap minimal 1 juta ton sawit produksi petani untuk kapasitas produksi 20 ribu barel per hari,” ungkapnya.

Dia mengatakan hilirisasi bahan mentah yang lain juga terus dilakukan secara besar-besaran. Misalnya saja batu bara diolah menjadi methanol dan gas. Lalu beberapa kilang dibangun untuk mengolah minyak mentah menjadi minyak jadi. “Dan sekaligus menjadi penggerak industri petrokimia yang memasok produk industri hilir bernilai tambah tinggi,” tuturnya.

Kemudian, bijih nikel telah bisa diolah menjadi ferro nikel, stainless steel slab, lembaran baja, dan dikembangkan menjadi bahan utama untuk baterai lithium. (Baca juga: Ingin Kuasai Baterai Mobil Listrik, Daimler Gandeng China )

“Hal ini akan memperbaiki defisit transaksi berjalan kita, meningkatkan peluang kerja, dan mulai mengurangi dominasi energi fosil. Hal ini akan membuat posisi Indonesia menjadi sangat strategis dalam pengembangan baterai lithium, mobil listrik dunia, dan produsen teknologi di masa depan,” pungkasnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1747 seconds (0.1#10.140)