Catat! 3 Cara Ini Bikin Kamu Aman Transaksi di Mana Saja

Kamis, 07 Maret 2024 - 15:03 WIB
loading...
Catat! 3 Cara Ini Bikin Kamu Aman Transaksi di Mana Saja
Kemudahan dalam bertransaksi di era digital harus diimbangi dengan langkah keamanan agar terhindar dari penipuan dan cybercrime. FOTO/MNC Media
A A A
JAKARTA - Di era digital, kemudahan transaksi keuangan memang telah menjadi kebutuhan. Beragam layanan keuangan digital hadir untuk memudahkan aktivitas kita. Namun, kemudahan ini juga harus diimbangi dengan keamanan agar terhindar dari penipuan dan cybercrime. Untuk itu, berikut 3 cara untuk memastikan keamanan transaksi keuangan kamu di mana saja.

1. Gunakan Perangkat Aman dan Terpercaya
Pastikan kamu menggunakan perangkat yang aman dan terpercaya untuk bertransaksi keuangan. Gunakan perangkat dengan sistem operasi terbaru dan tambahan antivirus di smartphone yang selalu diperbarui. Hindari menggunakan perangkat publik atau Wi-Fi yang tidak aman untuk mengakses layanan keuangan digital.



2. Aktifkan Fitur Keamanan
Manfaatkan berbagai fitur keamanan yang ditawarkan layanan perbankan digital seperti login biometrik atau autentikasi 2 faktor maupun notifikasi transaksi untuk memantau aktivitas yang rutin dilakukan.

3. Waspada Penipuan dan Modus Kejahatan Digital/Cybercrime
Jangan percaya dengan tawaran atau iming-iming yang tidak wajar. Selalu periksa kembali informasi pengirim dan tujuan sebelum melakukan transfer serta menghindari klik tautan atau membuka lampiran dari email maupun pesan yang mencurigakan.

Senada dengan hal tersebut, Chief Digital Business Officer MNC Bank, Yudistira Ardhi Prastono menyampaikan, “Kita sebagai pengguna harus bijak dalam memilih layanan perbankan digital dari bank terpercaya yang memiliki komitmen tinggi terhadap keamanan data dan sistem. Selain itu, pastikan juga bahwa bank tersebut menerapkan standar keamanan terkini dan regulasi yang berlaku.”

Oleh karena itu, Yudistira kemudian memberikan contoh MotionBank sebagai aplikasi layanan perbankan digital dari MNC Bank yang mengutamakan keamanan dan kemudahan bagi para penggunanya. MotionBank dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan seperti login biometrik, PIN, dan password, serta notifikasi transaksi untuk setiap aktivitas yang dilakukan. Selain itu, MotionBank juga telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga keamanan data dan dana nasabah terjamin.

Dari sisi fitur dan layanan, MotionBank menawarkan kemudahan bertransaksi seperti pembukaan rekening tabungan maupun deposito online secara cepat dan mudah, transaksi QRIS, transfer dana, pembayaran berbagai tagihan yang rutin dilakukan seperti tagihan pulsa, listrik, PDAM, hingga fitur top-up & pay ke berbagai mitra layanan keuangan digital seperti MotionPay, Gopay, OVO, dan e-money lainnya. MotionBank juga menyediakan fitur tarik dan setor tunai di seluruh jaringan Indomaret di Indonesia, tanpa harus mengunjungi mesin ATM apalagi kantor cabang bank.



MotionBank juga memiliki fitur pembukaan rekening Tabungan Pensiun Motion, di mana pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN) dapat melakukan transaksi penarikan uang pensiun tanpa harus datang ke kantor fisik MNC Bank, cukup melalui mesin ATM dan jaringan Indomaret yang tersebar di seluruh Indonesia. Di samping itu, MNC Bank bersinergi dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) untuk memudahkan peserta dalam mengakses layanan kepesertaan BPJAMSOSTEK melalui MotionBank.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1833 seconds (0.1#10.140)