Mantan Bos CIMB Niaga Luncurkan Buku Ketiga, Ini Pelajaran Menarik di Dalamnya

Jum'at, 14 Agustus 2020 - 19:55 WIB
loading...
Mantan Bos CIMB Niaga Luncurkan Buku Ketiga, Ini Pelajaran Menarik di Dalamnya
Bankir dan pengusaha Arwin Rasyid. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mantan Presiden Direktur CIMB Niaga Arwin Rasyid meluncurkan buku terbarunya, "Digital Banking revolution" hari ini di Jakarta. Buku ini merupakan buku ketiga setelah buku pertama dan keduanya yang berjudul "Danamon 180 Derajat" dan "Telkom 3010" yang ditulisnya beberapa tahun silam.

Dalam peluncuran yang dilakukan secara virtual tersebut, mantan CEO Telkom ini mengatakan ada fenomena menarik yang dibahas dalam buku ketiganya ini. Sesuai judulnya, Arwin mengupas perkembangan pesat digital banking di era teknologi finansial ( fintech ) saat ini.

"Mengapa dompet digital seperti Gopay, OVO dan DANA menjadi yang terbesar? Padahal dompet digital yang pertama di Indonesia, bahkan di Asia, adalah rekening ponsel mirip Bank CIMB Niaga," kata Arwin di acara Virtual Book Launch di Jakarta, Jumat (14/8/2020).

(Baca Juga: New Normal, Perbankan Dituntut Persiapkan Layanan Digital dengan Baik)

Mantan bankir dan pengusaha yang telah malang-melintang di dunia perbankan nasional ini mengatakan, ada lima pelajaran di buku ini agar bank bisa menjadi pemenang pertama di era digital.

Pertama, papar Arwin, perbankan harus siap menghadapi era dimana kemajuan akan berkembang semakin pesat. Kedua, lanjut dia, tranformasi digital adalah sumber keniscayaan dan sumber perjalanan yang harus dijalankan dengan sepenuh hati.

Selanjutnya, power bisnis berbasis konten yang tak bergantung pada ukuran aset. Keempat, membangun paradigma baru seperti new bank dan fintech. Kelima, antisipasi tren new bank raksasa ke depan yang bisa didirikan dari platform media sosial maupun e-commerce. "Semoga buku ini menjadi diskusi yang menarik dan bermanfaat bagi kita semua," tuturnya pada kesempatan tersebut.

Peluncuran buku secara virtual tersebut dihadiri sejumlah tokoh pengusaha, bankir hingga pejabat negara. Diantaranya, Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad yang mengucapkan selamat atas karya terbaru Arwin. Fadel meyakini buku ini akan sangat bermanfaat bagi dunia perbankan serta fintech di Indonesia.

Apresiasi juga dilontarkan Group chief executive of Singaporean Bank DBS Piyush Gupta. Dia juga berharap buku tersebut dapat menjadi bahan inspirasi bagi banyak orang yang membacanya.

(Baca Juga: Mantap! Transaksi Digital Banking Mulai Geser Peran ATM dan Kantor Cabang)

Tak ketinggalan, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti juga memberikan selamat kepada mantan Wakil Ketua BPPN tersebut. "Selamat kepada Bapak Arwin, semoga bisa bermanfaat bagi masyarakat dan bisa memberikan banyak insiprasi," ujar Destry saat Virtual Book Launch dan Talkshow tersebut.

Tidak ketinggalan mantan Gubernur BI Agus Martowardojo juga memberikan ucapan selamat atas peluncuran buku ketiga Arwin. Mantan Menteri Keuangan ini berharap buku tersebut dapat menjadi bahan bacaan yang baik serta bermanfaat bagi dunia perbankan dan fintech Indonesia.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0959 seconds (0.1#10.140)