Fitri Rasakan Kemudahan Ajukan Pinjaman KUR Mikro BRI untuk Kembangkan Usaha

Kamis, 14 Maret 2024 - 13:39 WIB
loading...
Fitri Rasakan Kemudahan Ajukan Pinjaman KUR Mikro BRI untuk Kembangkan Usaha
Usaha ayam penyet Fitri di Benhil Tanah Abang ini sangat terbantu dengan kemudahan pengajuan KUR Mikro di BRI. Foto/Wahyono
A A A
JAKARTA - Pelaku usaha di Indonesia kini semakin dimudahkan dengan adanya layanan pengajuan pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI). Pelayanan yang mudah dan cepat dinilai saat ini menjadi kebutuhan utama pelaku usaha dalam menambah permodalan.

Kemudahan itu setidaknya dirasakan Fitriasih, salah satu nasabah KUR Mikro di wilayah BRI KC Tanah Abang Jakarta Pusat. Menurut Fitriasih, pengajuan pinjaman KUR Mikro dirinya di BRI selama ini prosesnya sangat mudah dan tak butuh waktu lama.

“Saya pertama mengajukan pinjaman Rp20 juta, terus yang kedua saat saya ngajuin lagi disetujui menjadi Rp50 juta. Saya sendiri sempat bingung kenapa pinjaman saya cepat disetujuinya,” tutur Fitri yang selama ini menggeluti usaha warung ayam penyet di kawasan Bendungan Hilir (Benhil) Tanah Abang, Jakarta Pusat.



Fitri mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi pelayanan mudah dan cepat BRI dalam pengajuan pinjaman KUR Mikro. Terlebih kemudahan dalam mengajukan pinjaman sangat dibutuhkan usaha kecil seperti dirinya yang menjadikan permodalan sebagai salah satu kendala klasik untuk mengembangkan usaha.

Karena prosesnya yang mudah dan cepat, Fitri menegaskan, tidak ada alasan dirinya untuk memilih bank lain jika nantinya akan mengajukan pinjaman lagi guna mengembangkan usahanya.
Gandeng Agen BRILink Perluas Layanan KUR Mikro

Pimpinan Cabang (Pinca) BRI Kantor Cabang (KC) Tanah Abang Jakarta Pusat, Totok Siswanto mengatakan, pihaknya memiliki strategi khusus untuk memperluas jangkauan nasabah KUR Mikro di wilayahnya

“Salah satu strategi kita untuk itu adalah dengan menggandeng agen BRILink mulai dari Agen BRILink PNM (Penanaman Modal Madani) Agen BRILink Pegadaian dan Agen BRILink Ultramikro (UMi),” beber Totok Siswanto.

Menurut Totok, alasan melibatkan peran Agen BRILink untuk memperluas jangkauan KUR Mikro di wilayahnya dikarenakan selama ini Agen BRILink memiliki nasabah eksisting yang sudah teruji kelayakannya sehingga di kemudian hari diharapkan para nasabah tersebut tinggal dinaikkan sebagai nasabah KUR.

Menurut Totok, secara umum yang dimaksud KUR Mikro merupakan pembiayaan kepada individu dan/atau kelompok usaha yang produktif dan layak namun belum memiliki agunan tambahan atau agunan tambahan belum cukup (unbankable). “Penyaluran KUR Mikro bertujuan untuk menambah modal kerja atau investasi. Misalnya guna menambah alat produksi atau perluasan usaha,” tambahnya. Untuk plafon KUR Mikro selama ini dipatok maksimal hingga Rp100 juta dan selama ini cukup ditangani kantor Unit BRI.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7771 seconds (0.1#10.140)