Bank Dunia Bantah Tuduhan Terlibat Transaksi Keuangan dengan Orang Indonesia

Sabtu, 22 September 2018 - 15:31 WIB
Bank Dunia Bantah Tuduhan Terlibat Transaksi Keuangan dengan Orang Indonesia
Bank Dunia Bantah Tuduhan Terlibat Transaksi Keuangan dengan Orang Indonesia
A A A
JAKARTA - Bank Dunia (World Bank) membantah tuduhan yang menyebutkan bahwa lembaga internasional tersebut telah terlibat kasus transaksi keuangan dengan pihak perorangan di Indonesia. Ditegaskan bahwa tuduhan tersebut adalah tidak benar.

Tuduhan ini bermula dari seorang bernama Ruben PS Marey yang mendatangi Ratna Sarumpaet Crisis Center (RSCC), yang mengisahkan soal dana di rekeningnya senilai Rp23,9 triliun yang tiba-tiba hilang. Padahal, dana tersebut merupakan dana dari para donatur untuk pembangunan dan mengatasi kemiskinan di Papua.

Menurut Ruben, dana tersebut ditransfer oleh Bank Dunia namun hingga kini tidak masuk ke rekeningnya. Ruben pun menuding pemerintah melakukan pemblokiran sepihak atas dana yang tersimpan di bank tersebut.

"Terkait dengan tuduhan yang keliru, baru-baru ini bahwa Bank Dunia terlibat transaksi keuangan dengan pihak perorangan di Indonesia. Dengan ini, Bank Dunia kantor Jakarta memberikan klarifikasi bahwa tuduhan tersebut tidak benar," demikian klarifikasi Bank Dunia dalam keterangan resminya di Jakarta, Sabtu (22/9/2018).

Ditegaskan, Bank Dunia bukan merupakan bank dalam arti yang biasa. "Sistem keseluruhan dari Bank Dunia didesain dan dilaksanakan untuk mendukung upaya penanggulangan kemiskinan serta mendukung pembangunan negara-negara berkembang di dunia, bukan dengan pihak perorangan," tandasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7619 seconds (0.1#10.140)