Sri Mulyani Soroti Perilaku Impor Beberapa Sektor Ini

Senin, 24 September 2018 - 22:06 WIB
Sri Mulyani Soroti Perilaku Impor Beberapa Sektor Ini
Sri Mulyani Soroti Perilaku Impor Beberapa Sektor Ini
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani meminta, kepada para eksportir agar meningkatkan produknya dalam upaya memperbaiki defisit neraca perdagangan yang hingga Agustus, kemarin masih terjadi. Menurutnya, Indonesia berpotensi ekspor teh ketika saat ini Indonesia Indonesia masih melakukan impor dari Jepang.

Lebih lanjut, terang dia Indonesia yang merupakan produksi teh besar seharusnya bisa membuat Teh Hijau yang mana memiliki pangsa pasar cukup tinggi. "Ini mulai dengan industri makanan. Indonesia masih impor teh khusus. Padahal Indonesia merupakan produksi teh terbesar dan ini kenapa tidak kita manfaatkan," ujar Sri Mulyani di Jakarta, Senin (24/9/2018).

Sambung dia menambahkan, Indonesia juga harus meningkatkan beberapa produksi makanan seperti olahan laut yang memiliki pangsa ekspor. "Saya minta Tuna, Octopus dan makanan banyak di Indonesia," ungkapnya.

Selain itu, terang mantan Direktur Bank Dunia itu Indonesia juga harus memanfaatkan sektor fashion yang mana Indonesia memiliki beragama motif fashion yang bisa dibidik untuk meningkatkan ekspor: "Untuk jenis tekstil, Indonesia juga masih tergantung dari impor berupa barang mentah atau raw material. Saya menginginkan hasil produk tekstil tersebut bisa diekspor lagi dalam bentuk barang jadi," paparnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4445 seconds (0.1#10.140)